• Rabu, 5 Oktober 2022

Ini Dia Pengertian Korupsi Menurut KBBI dan Dunia Perbankan

- Rabu, 21 September 2022 | 20:27 WIB
KPK menyelesaikan penyidikan kasus dugaan korupsi Heli AW-101. (logo KPK)
KPK menyelesaikan penyidikan kasus dugaan korupsi Heli AW-101. (logo KPK)

SILANEWS - Korupsi merupakan salah satu tindak pidana tertua yang kerap dilakukan manusia. Saking tingginya tingkat korupsi, banyak negara di dunia yang membentuk suatu badan khusus untuk memberantas korupsi, salah satunya adalah Indonesia yang membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Meski kata korupsi sudah populer, ternyata tidak banyak yang paham pengertian korupsi. Karena bukan cuma menilap uang negara, ada hal-hal lain yang masuk dalam kategori korupsi.

‘Korupsi’ sendiri berasal dari bahasa Latin ‘corruptio atau corruptus’ yang berarti tindakan merusak atau menghancurkan.

Baca Juga: Mahfud MD Paparkan Kasus Korupsi Gubernur Papua Senilai Ratusan Milyar

Corruptio juga diartikan kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, dapat disuap, tidak bermoral, penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah.

Kata ‘corruptio’ masuk dalam bahasa Inggris menjadi kata ‘corruption’, dalam bahasa Belanda menjadi ‘corruptie’, dan dalam perbendaharaan Indonesia menjadi korupsi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

Baca Juga: Di ANU – Canberra, Menkeu Bahas Beragam Isu Kebijakan Publik dan Fiskal Indonesia

Menurut World Bank pada 2000, yaitu “korupsi adalah penyalahgunaan kekuasaan publik untuk keuntungan pribadi". Definisi World Bank ini menjadi standar internasional dalam merumuskan korupsi.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Akhirnya Resmi Pecat Ferdy Sambo

Senin, 19 September 2022 | 23:36 WIB

Rhoma Irama dan Haramnya Perjudian

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 08:58 WIB

Kapolri Copot Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo

Senin, 18 Juli 2022 | 21:13 WIB
X