• Minggu, 4 Desember 2022

BPIP Luncurkan Video Salam Pancasila Salam Pemersatu Bangsa

- Kamis, 10 Februari 2022 | 09:17 WIB

SILANEWS - Sebuah video Salam Pancasila berdurasi 5 menit 30 detik baru saja diluncurkan oleh BPIP melalui kanal Youtube  https://bit.ly/LaunchingSalamPancasila, dan https://youtu.be/YdOvJGaYDsE pada Rabu (09/02/2022).

Sebagai disampaikan BPIP kepada Silanews, peluncuran video Salam pancasila tersebut merupakan upaya mengenalkan makna “Salam Pancasila” sebagai salam perekat dan pemersatu bangsa ke masyarakat luas.

Dalam sambutannya di acara peluncuran tersebut, Kepala BPIP Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A, Phd menyampaikan mengenai Salam sebagai perilaku terpuji yang dianjurkan oleh semua agama.

Baca Juga: Kepala BPIP Hadiri Bedah Buku: 'Salam Pancasila sebagai Salam Kebangsaan' di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Menurut Kepala BPIP, menyapa dan mengucapkan salam kepada orang lain adalah perilaku terpuji yang dianjurkan oleh semua agama. Karena itu dalam berbagai tradisi keagamaan, salam adalah bagian penting.

Kepala BPIP juta menambahkan bahwa di tengah keragaman tradisi salam di berbagai agama dan budaya Indonesia, penting untuk memiliki tradisi salam yang melintasi batas-batas kultural demi memperkokoh persatuan bangsa.

“Kita memiliki Bahasa Indonesia sebagai lingua franca atau bahasa antara, maka sekarang kita memiliki Salam Pancasila sebagai salam perantara atau saluti franca, yang dapat dipaktekkan oleh semua warga negara Indonesia” ujar Kepala BPIP Prof. Yudian.

Baca Juga: Kepala BPIP: 'Salam Pancasila adalah Salam Kebangsaan'

Dalam penjelasannya, Kepala BPIP menyampaikan bahwa “Salam Pancasila” merupakan salam yang diadaptasi dari Salam Merdeka yang disampaikan Presiden Sukarno tak lama setelah kemerdekaan Indonesia.  Salam merdeka dipekikkan untuk mengingatkan bahwa kita bangsa merdeka dan tidak mau dijajah lagi.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada BPIP Dibalik Keberhasilan Paskibraka 2022

Jumat, 19 Agustus 2022 | 06:14 WIB

Bung Karno di Mata Cucunya, Puan Maharani

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:26 WIB

Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022

Kamis, 26 Mei 2022 | 06:46 WIB

Vaksin Pancasila

Rabu, 13 April 2022 | 16:17 WIB

Membumikan Pancasila Melalui Panca Main Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 23:22 WIB
X