• Minggu, 4 Desember 2022

NTB Gelar Ironman Triathlon Lombok pada 8 Oktober 2022, Tempus jarak 113 KM

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:19 WIB
Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menggelar event bergengsi kelas dunia, yaitu ‘Ironman Triathlon’ pada Sabtu, 8 Oktober 2022 (NTB)
Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menggelar event bergengsi kelas dunia, yaitu ‘Ironman Triathlon’ pada Sabtu, 8 Oktober 2022 (NTB)

SILANEWS - Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menggelar event bergengsi kelas dunia, yaitu ‘Ironman Triathlon’ pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Event itu diharapkan menjadi perhatian dunia, khususnya bagi para atlet maupun penggemar olahraga yang menggabungkan renang, sepeda dan lari.

Istilah triatlon seringkali diidentikan dengan lomba dengan tiga olahraga berbeda sekaligus, atau berkesinambungan dan dalam satu kesatuan waktu.

Lomba triatlon pertama yang tercatat dalam sejarah digelar pada 1901 di Joinville-le-Pont, sekitar 10 km arah tenggara dari Paris, Perancis. Saat itu, lomba triatlon pertama bernama ‘Les Trois Sports’ yang berarti tiga jenis olahraga. Ajang tersebut terdiri dari lari, bersepeda, dan kano.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta TGIPF Ungkap Tuntas Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan

Koordinator  Indonesia Sports & Event Management Iron Man 70.3 melalui via celulernya, Sabtu (1/10/2022) menjelaskan, kompetisi ini menempuh jarak sekitar 113,1 kilometer, dari kawasan Senggigi hingga Mandalika - NTB.

Nantinya, para peserta akan berenang di laut lepas sepanjang 1,9 kilometer, kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sepanjang 90 kilometer ke arah Mandalika, dan ditutup dengan maraton sepanjang 21 kilometer.

Informasi selengkapnya mengenai lomba tersebut, yaitu:  

  1. Renang 1,9 km ⎯ Start dan Finish di Pantai depan Holiday Resort, dalam satu putaran selesai.
  2. Lari sepanjang 21,1 km ⎯ Start dari Area Transisi di Holiday Resort. Lari menuju Jl. Raya Senggigi sampai dekat Montana Hotel, lalu putar-balik menuju Holiday Resort dua putaran.
  3. Sepeda 90,1 Km Start dari Holiday Resort melewati Jl Raya Senggigi, Jl Raya Meninting, Jl. Raya Saleh Sungkar, Jl. Ragi Genep, Jl.  Energi, l. Arya Banjar Getas, Jl. Lingkar Selatan, Bundaran Bypass - Lingkar Selatan, Jl.  Bypass, Bundaran Bypass (Patung Sapi), Jl Bypass, Bundaran Bypass Batujai (U-turn) menggunakan satu ruas jalan.

Baca Juga: BPIP Berikan Penguatan Historisitas, Konseptualitas dan Aktualitas Pancasila Kepada JPM Kalimantan Timur

Sedangkan untuk dukungan keamanan dan  keselamatan, untuk rute renang steril dari perahu nelayan.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X