BNPB dan PDAM Tirta Mukti Penuhi Kebutuhan Air Bersih bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur

- Rabu, 30 November 2022 | 16:59 WIB
 : BNPB bersama PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur mendistribusikan air dengan mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan air selama masa darurat bencana di pengungsian Kampung Nagrak Wetan, RT 02 RW 11, Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.  (BNPB)
: BNPB bersama PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur mendistribusikan air dengan mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan air selama masa darurat bencana di pengungsian Kampung Nagrak Wetan, RT 02 RW 11, Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. (BNPB)

SILANEWS-Gempa bumi menyebabkan kebutuhan akan air bersih terkendala. Untuk itu salah satu bantuan yang sangat dibutuhkan bagi segenap warga masyarakat korban gempa bumi selain sandang – pangan dan papan yang memadai, juga air bersih.

Terlebih bagi warga yan mengungsi. Air bersih menjadi kebutuhan sangat penting untuk makan-minum, cuci-mandi, dan berbagai kebutuhan lain yang harus dijaga kebersihannya agar tidak terkena penyakit.  

Menurut portal bnpb.go.id, gempabumi M 5.6 yang mengguncang Cianjur pada Senin (21/11/2022) tak hanya merusak permukiman penduduk dan fasilitas umum, melainkan juga menyebabkan kerusakan pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mukti Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Protes Penanganan Covid-19 di China Meluas, Bentrok Dengan Polisi Terjadi di Shanghai

Fenomena rusaknya pipa dan melubernya air PDAM itu lantas dimanfaatkan warga pengungsi Kampung Nagrak Wetan, RT 02 RW 11, Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

 “Kebetulan kami mengungsi karena rumah rusak dan tidak bisa ditempati. Air bersih untuk cuci tangan, cuci muka, nyuci baju dan lain-lain ada air dari PDAM yang bocor ke selokan. Airnya jernih dan bersih sekali. Kami manfaatkan,” tutur Dede, serorang warga setempat, Senin (28/11/2022).

Kerusakan pipa PDAM yang kemudian dimanfaatkan warga pengungsi itu dibenarkan oleh pihak PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Dukung Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Nindya Karya Gelar Pelatihan Sertifikasi Kompetensi TKDN

Hadi Koswara selalu Kepala Bagian Perencanaan PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur menuturkan bahwa setelah guncangan hebat gempabumi, beberapa titik pipa memang mengalami kerusakan hingga airnya meluber ke segala arah termasuk ke selokan, seperti yang terjadi di Kampung Nagrak Wetan.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: bnpb.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X