BPD KKSS Kabupaten Bekasi Salurkan Bantuan kepada Warga Terdampak Bencana di Cianjur

- Minggu, 27 November 2022 | 09:45 WIB
Penyaluran sumbangan kepada warga terdampak gempa di Cianjur oleh BPD KKSS Kabupaten Bekasi (BPD KKSS Kab.Bekasi)
Penyaluran sumbangan kepada warga terdampak gempa di Cianjur oleh BPD KKSS Kabupaten Bekasi (BPD KKSS Kab.Bekasi)

SILANEWS-Sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian sosial kepada masyarakat Cianjur yang terdampak gempa dashyat beberapa waktu silam, Badan Perwakilan Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan IWSS (Ikatan Wanita Sulawesi Selatan) Kabupaten Bekasi, membawa sumbangan dengan menggunakan truk box dan konvoi 5 kendaraan menuju lokasi bencana di Cianjur, Minggu pagi (27/11) dari Cikarang.

Menurut Ketua BPD KKSS Kabupaten Bekasi, Budi Hartawinata, donasi dikumpulkan oleh segenap warga KKSS/IWSS se Kabupaten Bekasi dalam seminggu terakhir ini.

"Tidak hanya berupa uang, namun juga pakaian layak pakai, juga ada yang sumbangkan kruk dan kursi roda. Salut dan Terharu sekali atas kepedulian warga KKSS Kabupaten Bekasi yang turut mengulurkan bantuan kepada saudara-saudara kita di Cianjur yang terkena bencana gempa yang dalam waktu singkat mengumpulkan donasi dan dikoordinir lewat WhatApp grup Komunitas,"kata Budi.

Baca Juga: Gerak Cepat BUMN Kompak Bantu Korban Gempa Cianjur Diapresiasi Menteri Erick Thohir

Seperti disampaikan oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dalam konferensi pers, Sabtu (26/11), terdapat sebanyak 318 orang meninggal dunia hingga hari keenam gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hingga saat ini, korban jiwa yang hilang sebanyak 14 korban jiwa. Sementara korban yang mengalami luka sebanyak 7.729 orang yang terdiri dari 595 mengalami luka berat dan 7.134 mengalami luka ringan. Sementara korban luka berat yang dirawat di rumah sakit sebanyak 108 orang.

Untuk penyintas gempa yang masih mengungsi sebanyak 73.693 jiwa. Sementara kerugian materiil akibat gempa yakni 58.049 rumah rusak. Kemudian 25.186 rumah mengalami rusak berat, rusak sedang 12.496, dan rumah yang mengalami rusak ringan 20.367 rumah.

Infrastruktur yang rusak diantaranya 368 sekolah, 144 tempat ibadah, 14 fasilitas kesehatan, dan 16 gedung atau perkantoran. Sebanyak 16. kecamatan dan 146 desa terdampak gempa bumi tersebut.

 Baca Juga: Di Lokasi Bencana Gempa Cianjur, Gubernur Jabar: Proses Rekonstruksi Bangunan Korban Gempa Segera Dilakukan

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: BPD KKSS Kabupaten Bekasi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X