• Minggu, 4 Desember 2022

Usulkan Pembuatan Kolam Retensi, Upaya Gubernur Sulsel untuk Langkah Mitigasi Bencana Banjir

- Kamis, 24 November 2022 | 08:22 WIB
Gubernur menggelar rapat evaluasi dan memberikan arahan terkait mitigasi dan penanggulangan bencana banjir, bertempat di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (21/11/ 2022). (kabarika.id)
Gubernur menggelar rapat evaluasi dan memberikan arahan terkait mitigasi dan penanggulangan bencana banjir, bertempat di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (21/11/ 2022). (kabarika.id)

SILANEWS-Banjir yang melanda beberapa daerah kabupaten/kota di Sulsel akibat hujan lebat dengan intensitas tinggi pada Jumat (18/11/2022), mendapat tanggapan serius dari Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Gubernur segera menggelar rapat evaluasi dan memberikan arahan terkait mitigasi dan penanggulangan bencana banjir, bertempat di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (21/11/ 2022).

Rapat dihadiri kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang (BBWS PJ), Dinas terkait Pemprov Sulsel, serta perwakilan Pemda Makassar, kabupaten Maros dan Gowa.

Baca Juga: Jati Diri Mengagumkan Suporter Jepang di Piala Dunia: Bersihkan Sampah Stadion Setelah Laga Usai

Salah satu langkah untuk mitigas bencana bajir yang diusulkan Gubernur adalah membangun kolom retensi atau kolam regulasi dengan kapasitas besar.

“Usulan kami adalah penambahan kolam regulasi atau retensi di atas lahan 200-300 hektar, dan tanggul penahan banjir,” kata Gubernur Andi Sudirman.

Selain itu, Gubernur juga meminta pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan evaluasi penataan ruang, terutama di daerah hulu yang menjadi lokasi serapan air.

Baca Juga: Dukung Kebugaran Wartawan, Menpora Amali Wakili Presiden Buka Porwarnas ke-13 Tahun 2022 di Malang

“Kebijakan penataan ruang hulu oleh masing masing kabupaten kota harus dikendalikan, terutama mencegah pembalakan hutan,” tegas Andi Sudirman.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: kabarika.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X