• Minggu, 4 Desember 2022

Waspadai Tanah Longsor dan Banjir Bandang, Imbauan BMKG pada Masyarakat Terkena Gempa Cianjur

- Kamis, 24 November 2022 | 08:06 WIB
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyampaikan keterangan (bmkg.go.id)
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyampaikan keterangan (bmkg.go.id)

SILANEWS-Setelah Gempa bumi dahsyat, yang meluluh-lantakkan segenap rumah dan bangunan lain di Cianjur Jawa Barat (Jabar), harus terus diwaspadai kelanjutannya.

Bukan hanya waspada pada gempa susulan, melainkan juga pada dampak lain yang tak kalah membahayakan bila tidak diantisipasi dengan baik.

Mengungsi ke tempat yang lebih aman menjadi pilihan terbaik untuk berbagai kemungkinan tersebut.

Baca Juga: Ketika Mohammad Hatta dan Sutan Sjarir Memburu Kupu-kupu

Untuk itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga masyarakat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mewaspadai bencana lanjutan berupa tanah longsor dan banjir bandang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan bahwa imbauan itu dikhususkan bagi masyarakat Cianjur yang bermukim di lereng-lereng perbukitan dan di lembah atau bantaran sungai.

Menurutnya, besar kemungkinan lereng-lereng perbukitan di Cianjur menjadi rapuh usai terjadinya gempa bumi. Hal ini dapat semakin diperparah bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang berpotensi mengguyur Cianjur.

Baca Juga: Amankan Pasokan Energi, Tiongkok Tandatangani Kesepakatan Gas 27 Tahun dengan QatarEnergy

"Lereng-lereng yang rapuh ini ditambah hujan deras dapat memicu terjadinya longsor dan banjir bandang dengan membawa material runtuhan lereng. Jadi masyarakat dan pemerintah setempat juga perlu mewaspadai adanya kolateral hazard atau bahaya ikutan usai gempa kemarin," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: bmkg go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X