Gerhana Bulan pada 8 November 2022, Kemenag Ajak Umat Islam ‘Salat Khusuf’

- Selasa, 8 November 2022 | 23:42 WIB
Kemenag RI mengajak seluruh umat Islam untuk melakukan 'Sholat Khusuf' saat Gerhana Bulan pada 8 November 2022. (kemenag.go.id)
Kemenag RI mengajak seluruh umat Islam untuk melakukan 'Sholat Khusuf' saat Gerhana Bulan pada 8 November 2022. (kemenag.go.id)

SILANEWS - Kementerian Agama Republik Indonesia  (Kemenag RI) mengajak seluruh umat Islam untuk melakukan 'Sholat Khusuf' saat Gerhana Bulan pada 8 November 2022.

Lebih dari sekadar peristiwa alam, yang dapat dijelaskan dengan ilmu-pengetahuan, gerhana bulan-matahari juga menjadi peristiwa bernilai spiritual, yang menunjukkan tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

Rasulullah Saw, berdasarkan H.R. Al-Bukhari, bersabda. bahwa selain sebagai tanda-tanda kebessaran Allah SWT, maka pada peristiwa itu umat Islam dianjurkan berdoalah kepada Allah dan dirikan salat hingga (matahari) kembali tampak.

Baca Juga: Teh Daun Kelor ‘Lereng Merapi’ Tembus Pasar Ekspor ke AS

Dikutip dari pemberitaan kemenag.go.id, disebutkan bahwa Gerhana Bulan, atau khusuful qamar, diprediksi akan kembali terjadi pada 8 November 2022.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa berdasarkan data astronomis, Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

“Insya Allah, pada 8 November 2022, akan terjadi Gerhana Bulan Total di seluruh wilayah Indonesia,” terang Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: KH Ahmad Sanusi, Pahlawan Nasional Asal Jawa Barat di Mata Ridwan Kamil

Menurutnya, Gerhana Bulan Total di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18:42 WIB.

Halaman:

Editor: Yulyanto

Sumber: kemenag.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X