• Minggu, 4 Desember 2022

K.H. Mifahul Akhyar: 'Perlu Kecerdasan Otak dan Spiritual Untuk Dalami Ilmu Pengetahuan'

- Sabtu, 8 Oktober 2022 | 20:50 WIB
Merayakan Maulid Nabi di Lamongan, K.H. Mifahul Akhyar sampaikan perlunya kecerdasan otak dan spiritual untuk mendalami Ilmu Pengetahuan. (kabarlumajang.pikiran-rakyat.com)
Merayakan Maulid Nabi di Lamongan, K.H. Mifahul Akhyar sampaikan perlunya kecerdasan otak dan spiritual untuk mendalami Ilmu Pengetahuan. (kabarlumajang.pikiran-rakyat.com)

SILANEWS - Merayakan Maulid Nabi Muhamad SAW di Lamongan, Jawa Timur, K.H. Mifahul Akhyar menyampaikan perlunya kecerdasan otak dan spiritual untuk mendalami ilmu pengetahuan.

Untuk dapat memahami ilmu pengetahuan dengan baik memang harus disertai dengan kecerdasan otak dan kecerdasan spiritual.

Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar menyampaikan hal itu saat peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Haul Ke-74 KH Musthofa serta Masyayikh Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Paciran, Lamongan, Jawa Timur, Selasa (4/10).

Baca Juga: Terhindar dari Sanksi FIFA, PSSI Ucapkan Terima Kasih atas Dukungan Presiden Jokowi pada Sepak Bola Indonesia

Kiai Miftah menyebutkan di dalam Al Qur'an Surat Al Alaq, ayat 1-5, yang menjelaskan mengenai kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad saw.

Kata 'Iqra' di dalam Surat Al-Alaq, yang arti harfiahnya ‘bacalah atau membaca’, mengandung makna yang lebih dalam, bukan sekadar kesanggupan memahami harfiah, tetapi juga kesanggupan mengurai makna kauliyah-nya.  

Menurut Kiai Miftah, bahwa agama Islam merupakan bagian dari pengetahuan, yaitu pengetahuan yang tidak sekadar untuk dibaca dan diamati sebagai tulisan dan lambang, melainkan harus mampu membacanya sebagai ayat-ayat kauliyah.

Baca Juga: Candi Batur Pemalang, Rest Area dengan Ribuan Monyet Ekor Panjang

Terkait peringatan haul, Wakil Ketua Umum PBNU, K.H. Zulfa Mustofa menjelaskan hal itu merupakan satu tradisi kearifan lokal di Indonesia, khususnya masyarakat Nahdlatul Ulama (NU).

Halaman:

Editor: Yulyanto

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X