• Minggu, 4 Desember 2022

Dies Natalis Unram ke-60, Wagub Sitti Rohmi: Pendidikan dan Kesehatan Sangat Penting Dukung Pembangunan NTB

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 09:47 WIB
Dies Natalis  Universitas Mataram Ke- 60 di ruang sidang Senat Lantai III Universitas Mataram, Senin (03/10/22). (ntbprov.go.id)
Dies Natalis Universitas Mataram Ke- 60 di ruang sidang Senat Lantai III Universitas Mataram, Senin (03/10/22). (ntbprov.go.id)

SILANEWS-Salah satu tolok ukur kemajuan suatu daerah yaitu pengembangan dan kemajuan lembaga pendidikan maupun derajat kesehatan warganya. Keduanya saling mendukung dan menunjang sehingga harus ditangani dengan sangat serius secda serentak.

Oleh karena itu Pemerintah Pusat dan Daerah terus mensosialisasikan dan mendorong upaya kemajuan dua aspek tersebut.

Di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masalah pendidikan dan kesehatan menjadi perhatian serius dengan melibatkan segenap lembaga pendidikan, salah satunya Universitas Mataram (Unram).

Baca Juga: Tinjau Korban Gempa Taput, Gubernur Edy Rahmayadi Serahkan Bantuan Material Bangunan, Sembako dan Obat-obatan

Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menekankan hal itu, yaitu pentingnya Pendidikan dan Kesehatan untuk kesejahteraan pembangunan di NTB, yang disampaikan  saat memberikan sambutan pada acara Dies Natalis Universitas Mataram Ke- 60, di ruang sidang Senat Lantai III Universitas Mataram, Senin (03/10/22).

"Berbicara tentang IPM (indeks Pembangunan Manusia), NTB masih mempunyai PR yang cukup besar, banyak orang yang tidak sabar melihat IPM di NTB agar cepat beranjak. Namun, menaikkan IPM NTB tidak seperti membangun infrastruktur, karena memang faktor kesehatan, pendidikan, dan petumbuhan ekonomi ini menjadi hal yang dominan", jelas Ummi Rohmi.

Baca Juga: Migrasi Siaran TV dari Analog ke Digital di Jabodetabek Mulai 5 Oktober 2022, Apa yang Perlu Disiapkan?

Faktor pendidikan dan kesehatan menjadi hal yang sangat berat dibandingkan faktor ekonomi. Namun, di balik itu semua NTB sudah menunjukkan percepatan yang masuk dalam kategori terbaik di Indonesia, sehingga dibutuhkan konsistensi.

"Jika kita berbicara tentang angka rata-rata lama sekolah, kontribusi dari Universitas Mataram dan semua perguruan tinggi di NTB memberikan kontribusi besar", lanjutnya.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: ntbprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X