• Minggu, 4 Desember 2022

Punya Kualitas Handal, Pertamina Renewable Diesel Andalan PT KPI Siap Tembus Pasar Eropa

- Senin, 3 Oktober 2022 | 09:44 WIB
Ilustrasi Salah satu Kilang Pertamina (Pertamina.com)
Ilustrasi Salah satu Kilang Pertamina (Pertamina.com)

SILANEWS-Pertamina memperkuat langkahnya dalam transisi energi, dengan menghadirkan produk andalan untuk green energy - Pertamina Renewable Diesel (Pertamina RD) yang akan segera merambah pasar Eropa.

Debut Pertamina Renewable Diesel di ranah internasional diawali dengan pengapalan perdana ekspor produk HVO ke Singapura pada Agustus hingga Oktober 2022 ini.

Selain itu Pertamina Group juga tengah melakukan penjajakan kerjasama penjualan Pertamina RD ke pasar Eropa.

Baca Juga: Unhas dan Unizar Mataram Sepakat Kerja Sama Pengembangan Tridharma

Upaya penetrasi ke pasar Eropa tersebut merupakan kolaborasi beberapa Subholding Pertamina, yaitu PT Kilang Pertamina Internasional, PT Pertamina Internasional Shipping, dan PT Pertamina Patra Niaga melalui Pertamina International Marketing & Distribution (PIMD).

Pertamina RD yang merupakan produk andalan terbaru bahan bakar nabati HVO (Hydrotreated Vegetable Oil) ini telah diluncurkan dan pernah dipergunakan untuk mendukung ajang internasional Jakarta E-Prix 2022 pada 4 Juni 2022.

Produk ini adalah produk unggulan ramah lingkungan hasil olahan dari BioRefinery Cilacap dan Biorefinery Dumai. Kilang Cilacap, saat ini memiliki kemampuan menghasilkan HVO hingga 3000 barrel per/hari dan ditargetkan terus meningkat hingga 6000 barrel/hari di tahun 2026, sedangkan BioRefinery Dumai memiliki kapasitas produksi HVO hingga 1.000 barrels per hari.

Baca Juga: Kuba Tanpa Listrik, Badai Ian Berkecepatan 205 Kilometer Hancurkan Jaringan Listrik

HVO yang diproduksi PT Kilang Pertamina Internasional ini telah dipastikan keandalannnya dengan memperoleh International Sustainability and Carbon Certification (ISCC), yang menjadi bukti produk ini berkontribusi pada penurunan emisi karbon sehingga layak disebut sebagai green product.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: Pertamina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X