• Minggu, 4 Desember 2022

Kelahiran Nabi Muhammad dan 5 Peristiwa Luar Biasa Yang Menyertainya

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 22:53 WIB
Maulid Nabi 2022 (Freepik.com / @freepik.)
Maulid Nabi 2022 (Freepik.com / @freepik.)

SILANEWSNabi Muhammad SAW lahir bertepatan dengan 12 Rabiul Awal atau 571 Masehi pada 1449 tahun lalu di Kota Makkah, Arab Saudi. Hari atau tanggal kelahirannya diperingati sebagai Maulid Nabi Muhammad SAW, yang tahun ini bertepatan dengan Sabtu, 8 Oktober 2022.

Menurut Ustadz Muhamad Abror, seorang alumnus Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon dan Ma'had Aly Saidusshiddiqiyah Jakarta, seperti dikutip dari islam.nu.or.id kelahiran bayi Muhammad dibarengi dengan sejumlah keistimewaan dan peristiwa menakjubkan, antara lain:  

- Padamnya api sesembahan Majusi yang disakralkan dan dianggap sebagai pelindung dan pemberi kesejahteraan.  

Agama Majusi meyakini api sebagai Tuhan yang harus disembah. Api abadi, karena tidak  padam selama ribuan tahun, tiba-tiba padam saat Nabi Muhammad lahir.

Baca Juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Mari Ketahui Predikat Pujian Terhadap Beliau

- Terlahir dalam keadaan (langsung) bersujud. Berbeda dengan bayi lain yang menangis dan belum bisa apa-apa. Imam Jalaluddin as-Suyuti dalam Khasaishul Kubra menyebutkan, begitu lahir bayi Muhammad langsung bersujud, lalu (duduk) mengangkat kedua tangannya sebagaimana orang berdoa.

- Terlahir dalam keadaan sudah dikhitan. Kewajiban setiap laki-laki muslim pada usia (sebelum) baligh yaitu berkhitan. Namun, bayi Muhammad punya keistimewaan, yaitu terlahir terlah dikhitan.

Baca Juga: Pernyataan Sikap YLBHI Terkait Kerusuhan di Kanjuruhan: Negara Harus Bertanggungjawab

Menurut Syekh Sulaiman al-Bujairami, selain Nabi Muhammad ada 14 nabi lain yang lahir sudah dalam keadaan sudah dikhitan, yaitu Nabi Adam, Syits, Nuh, Hud, Shaleh, Luth, Syu’aib, Yusuf, Musa, Sulaiman, Zakaria, Yahya, Isa, dan Handzalah bin Shafwan.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X