• Minggu, 4 Desember 2022

Desa Panembangan–Banyumas Jadi Sentra Ikan Hias di Jateng, KKP Dukung Lewat Program ‘Smart Fisheries Village'

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan Desa Panembangan, Banyumas, menjadi sentra ikan hias di Provisi Jawa Tengah melalui penguatan program Smart Fisheries Village (SFV). (KKP.GO.ID)
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan Desa Panembangan, Banyumas, menjadi sentra ikan hias di Provisi Jawa Tengah melalui penguatan program Smart Fisheries Village (SFV). (KKP.GO.ID)

SILANEWS-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan Desa Panembangan, Banyumas, menjadi sentra ikan hias di Provisi Jawa Tengah melalui penguatan program ‘Smart Fisheries Village’ (SFV).

Desa Panembangan memiliki potensi mina padi seluas 25 Ha yang subur dan air yang melimpah sepanjang tahun.

Pemandangan alam yang elok dan akses yang mudah membuat daerah ini menarik untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata alam sehingga dipilih sebagai lokasi pengembangan Smart Fisheries Villages (SFV).

Baca Juga: Rancangan Resolusi PBB tentang Pencaplokan Ukraina Diveto Rusia, China dan India Abstain

SFV merupakan konsep pembangunan ekosistem bisnis perikanan dalam satu kawasan terintegrasi dari usaha produksi hulu sampai dengan usaha pemasaran hilir.

Melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), sebelumnya KKP telah mengembangkan program SFV di Desa Panembangan yang didukung oleh beberapa ‘pokdakan’ dan ‘poklahsar’, salah satunya ‘pokdakan ikan hias’.

Dengan adanya pokdakan ikan hias inilah akhirnya dikembangkan Kampung Ikan Hias Panembangan yang sekaligus menjadi lokasi percontohan penyuluhan perikanan.

Baca Juga: Ubah Gaya Hidup Tidak Sehat, Diabetes Jadi Pemicu Penyakit Mematikan

“Dipilihnya ikan hias sebagai komoditas yang dikembangkan di Desa Panembangan dikarenakan ikan hias memiliki nilai ekonomis serta peluang pasar yang tinggi, baik pasar domestik maupun internasional," ujar Kepala BRSDM KKP I Nyoman Radiarta dalam siaran resmi KKP, Kamis (29/9/2022)..

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: KKP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X