• Minggu, 4 Desember 2022

Menhub Dorong Kolaborasi Industri dan Perguruan Tinggi Ciptakan Inovasi Kendaraan Listrik Berharga Ekonomis

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 05:40 WIB
Menhub saat membuka Indonesia Electric Motor Show 2022 (IEMS 2022) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (28/9). (Kemenhub)
Menhub saat membuka Indonesia Electric Motor Show 2022 (IEMS 2022) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (28/9). (Kemenhub)

SILANEWS-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong sektor industri, perguruan tinggi, dan pemangku kepentingan terkait, bersama-sama pemerintah berkolaborasi menciptakan kendaraan listrik dengan harga yang lebih ekonomis.

Hal ini perlu dilakukan agar upaya peralihan dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM) ke kendaraan listrik bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Selain mengurangi emisi karbon dan ramah lingkungan, mobil listrik pun dinilai memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan dengan mobil konvensional berbasis BBM, salah satu keuntungan menggunakan mobil listrik yaitu terkait biaya pengisian daya (charging).

Baca Juga: Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kian tertekan.

Sumber lain menyebutkan keuntungan kendaraan listrik, tidak bising (tetapi tetap dirancang bersuara demi keamanan pengguna jalan lain), lebih hemat dalam pengeluaran biaya daya, hemat pajak (pemberlakuan insentif PPnBM yang diukur berdasarkan kadar emisi pada kendaraan), menghilangkan ketergantungan bahan bakar minyak, pengisian daya lebih mudah (dapat dilakukan di rumah sendiri)

“Kalau harga motor listrik 16 juta dengan kondisi motor yang menarik dan kualitas baterai yang baik, ini akan sangat menarik bagi masyarakat,” ujar Menhub saat membuka Indonesia Electric Motor Show 2022 (IEMS 2022) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (28/9).

Menhub mengungkapkan, ada tiga hal yang harus diupayakan untuk menciptakan kendaraan listrik yang lebih ekonomis. Pertama yaitu membuat baterai dengan harga kompetitif namun memiliki daya jelajah yang tinggi.

Baca Juga: Putra Mahkota Mohammed bin Salman Menjadi Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi

Kedua, memproduksi motor produk dalam negeri, dan ketiga memperbanyak stasiun pengisian baterai. “Apabila ketiga hal ini dilakukan dengan sistematis akan memberikan harga kendaraan listrik yang relatif lebih murah,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X