• Minggu, 4 Desember 2022

UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Jadi Tuan Rumah Launching Hari Santri 2022

- Kamis, 29 September 2022 | 17:27 WIB
GEDUNG UIN KH ABDURAHMAN WAHID KAMPUS II : Gedung pencakar langit berdiri megah Kampus II UIN Abdurahman Wahid yang berada di Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)
GEDUNG UIN KH ABDURAHMAN WAHID KAMPUS II : Gedung pencakar langit berdiri megah Kampus II UIN Abdurahman Wahid yang berada di Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)

SILANEWS - Serangkaian peringatan Hari Santri 2022kembali akan digelar oleh Kementerian Agama Rencananya, launching peringatan Hari Santri 2022 akan digelar di kampus Universitas Islam Negeri atau UIN KH Abdurrahman Wahid.

Peringatan Hari Santri dilaksanakan untuk menghargai peran santri dan pesantren yang menjadi bagian tak terpisahkan dari dinamika dan sejarah kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, salah satunya adalah Resolusi Jihad 22 Oktober 1945.

Seperti dikemukakan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, salah satu peristiwa paling bersejarah tentang peran dan kontribusi kaum santri bagi bangsa Indonesia adalah tercetusnya fatwa Resolusi Jihad 22 Oktober 1945.

Baca Juga: Santri Nahdliyin Pilih Lanjutkan Studi ke PTN Favorit

Fatwa yang dirumuskan kalangan kiai pesantren dengan dikomandoi oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari ini berisi kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Jihad kebangsaan itu kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya yang kini diperingati sebagai “Hari Pahlawan”.

“Peristiwa Resolusi Jihad kemudian menjadi dasar penting ketika Presiden Joko Widodo menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015 silam yang dideklarasikan di Masjid Istiqlal Jakarta,” terang Ali Ramdhani di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Begini Tanggapan Santri NU Terkait Bahasan Sejarah Pergerakan Nasional dari Gus Baha

Menurutnya, sejak terbitnya Keppres Nomor 22 Tahun 2015, setiap tahun Kemenag rutin memperingati Hari Santri melalui berbagai macam kegiatan dengan tema yang berbeda-beda.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menafsir Pahlawan Masa Kini

Kamis, 10 November 2022 | 12:03 WIB

Asal Muasal Nama Kanjuruhan yang Mendunia

Senin, 10 Oktober 2022 | 22:08 WIB

Mengenang Kelahiran Pahlawan Nasional HR Rasuna Said

Kamis, 15 September 2022 | 10:04 WIB
X