• Rabu, 5 Oktober 2022

Tingkatkan Pengembangan Pertanian Warga Sukorejo, Nindya Karya Tanam 1.000 Pohon Durian

- Jumat, 23 September 2022 | 12:54 WIB
Penanaman Durian di Sukorejo oleh Perwakilan Nindya Karya (Nindya Karya)
Penanaman Durian di Sukorejo oleh Perwakilan Nindya Karya (Nindya Karya)

SILANEWS-Nindya Karya bersama BUMN Holding Danareksa kembali menggelar kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan melakukan penanaman 1.000 bibit pohon durian sebagai upaya meningkatkan pengembangan dibidang pertanian kepada warga Sukorejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Kamis (15/9).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Sukorejo Sukrisno menyampaikan, kegiatan tersebut memiliki banyak sekali manfaatnya untuk Desa Sukorejo.

Dimana, pemberian bibit pohon durian kepada warga memberikan peluang kepada Desa Sukorejo memiliki sentra bisnis baru yakni sentra durian, yang nantinya diharapkan juga akan berdampak kepada sektor wisata dan usaha pendukung lokasi tersebut.

Baca Juga: Dubes RI Nairobi menjadi Dubes Asing Pertama Hadir dalam Konferensi Pendidikan di Kenya

“Bantuan yang diberikan memiliki banyak manfaat yang nantinya berkaitan satu dengan yang lainnya. Dimana, penanaman bibit durian membuka peluang Desa Sukorejo memiliki sentra durian, yang diharapkan juga berdampak terhadap sektor wisata dan usaha pendukung” ungkap Sukrisno.

Disamping itu, Wakil Bupati Sragen Suroto menyebutkan, kegiatan tersebut tentunya sangat berguna bagi warga Sukorejo terutama memang di Kecamatan tersebut tengah dicanangkan program agraria oleh Kabupaten Sragen sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Wiji sebagai salah satu penerima manfaat dalam kegiatan tersebut menyampaikan, nantinya warga dapat memiliki pendapatan tahunan apabila durian sudah mulai bisa dipanen.

Baca Juga: Ibu Iriana Joko Widodo Bagikan Sembako dan Tanam Pohon di Kecamatan Masaran, Sragen

“Memang menunggu dulu (untuk saat ini) 3-4 tahun, nanti kalau sudah panen, bisa punya pendapatan tahunan” ungkap Wiji.

Adapun BUMN yang tergabung dalam kegiatan tersebut selain Nindya Karya antara lain,PT.Danareksa, PT.KBN, PT.JIEP, PT.KIMA, PT.Industri Medan, PT.KBI, PT.Balai Pusataka dan PT Indra Karya. 

Vice President TJSL Nindya Karya M. Maududy Ary menjelaskan, selain kegiatan tersebut sebagai pencapaian atas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 15 tentang Ekosistem Darat.

Baca Juga: KBRI Nairobi Melakukan Promosi Intensif Trade Expo Indonesia ke-37 di Kenya

Secara ekonomi, program ini dapat meningkatkan hasil produksi secara berkesinambungan sekaligus meningkatkan penghasilan asli desa yang dikelola oleh BUMN Desa Sukorejo.

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: Nindya Karya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X