• Rabu, 5 Oktober 2022

Bupati Kudus Harap Museum Purbakala Patiayam Berkembang seperti Sangiran

- Selasa, 20 September 2022 | 06:32 WIB
Bupati Kudus Hartopo didampingi Pelaksana tugas Kadisbudpar Mutrikah menyaksikan sejumlah koleksi di Museum Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Selasa (26/10) siang. (suaramerdeja.com/dok)
Bupati Kudus Hartopo didampingi Pelaksana tugas Kadisbudpar Mutrikah menyaksikan sejumlah koleksi di Museum Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Selasa (26/10) siang. (suaramerdeja.com/dok)

Bupati Kudus Berharap Museum Purbakala Patiayam Berkembang seperti Sangiran

SILANEWS -  Berdasarkan temuan fosil dan penelitian yang pernah dilakukan, di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terdapat catatan prasejarah yang cukup besar yang tersimpan di Museum Patiayam beserta situs arkeologinya. 

Museum atau Situs Patiayam merupakan bagian dari Gunung Muria. Luasnya 2.902,2 hektare meliputi wilayah Kudus dan beberapa kecamatan di Pati. Jaraknya hanya 18 kilometer dari kota Kudus.

Hal itu disampaikan Bupati Kudus Hartopo pada sosialisasi situs purbakala Museum Patiayam, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga: Museum Monumen Pers Nasional di Jalan Yosodipuro Surakarta

Menurut Hartopo, Situs Purbakala Patiayam adalah situs purba di Pegunungan Patiayam, Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Di situs tersebut ditemukan sekitar 1.500 fosil, berupa manusia purba Homo erectus, fauna vertebrata dan fauna invertabrata, serta alat-alat batu manusia purba. Fosil gading gajah purba ditempatkan di Museum Ronggowarsito Semarang.

Dibandingkan situs purba Sangiran, Trinil, Mojokerto, dan Nganjuk, pada situs Patiayam fosilnya utuh karena penimbunan oleh abu vulkanik halus sehingga pembentukan fosil berlangsung baik.

Baca Juga: Klenteng Sam Po Kong Semarang, Situs Bersejarah yang Memukau

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenang Kelahiran Pahlawan Nasional HR Rasuna Said

Kamis, 15 September 2022 | 10:04 WIB

Menyusuri Jejak Sejarah Pramuka di Indonesia

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:19 WIB

Mengenal Asal Usul Nama Tanjung Priok

Minggu, 26 Juni 2022 | 22:01 WIB

Begini Sosok Bung Karno di Mata Kepala BPIP

Senin, 6 Juni 2022 | 21:06 WIB
X