• Rabu, 5 Oktober 2022

Kaltara Lakukan Ekspor Perdana 52,4 ton Rumput Laut Langsung ke Vietnam

- Minggu, 18 September 2022 | 05:58 WIB
Sebanyak 52,4 ton rumput laut jenis Eucheuma Cottoni akan diekspor langsung dari Kalimantan Utara (Kaltara) menuju Kota Ho Chi Minh Vietnam. (diskominfo.kaltaraprov.go.id)
Sebanyak 52,4 ton rumput laut jenis Eucheuma Cottoni akan diekspor langsung dari Kalimantan Utara (Kaltara) menuju Kota Ho Chi Minh Vietnam. (diskominfo.kaltaraprov.go.id)

SILANEWS-Sebanyak 52,4 ton rumput laut jenis Eucheuma Cottoni diekspor langsung dari Kalimantan Utara (Kaltara) menuju Kota Ho Chi Minh, Vietnam,Jumat (16/9).

Rumput laut menjadi salah satu andalan ekspor Provinsi Kalimantan Utara. Luasnya perairan yang ada, serta kondisinya yang masih alami, menjadi lahan budidaya rumput laut yang sangat prospektif.

Produksi rumput laut Kaltara dari tahun ke tahun terus meningkat, pada 2021 hasilnya mencapai 627.875,45 ton, yang dikelola oleh 10.365 orang pembudidaya. Dengan jumlah produksi tersebut Kaltara menjadi satu dari lima provinsi penghasil rumput laut terbesar nasional.

Baca Juga: SKJ Kembali Disosialisasikan, Menpora Amali Ikut Senam Bersama di Gorontalo!

Peluncuran Ekspor Perdana Rumput Laut dari Kaltara dilakukan Pemerintah Provinsi Kaltara bersama Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan hasil Perikanan (BKIPM); serta Kantor pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tarakan TMP B, Jumat (16/9/2022).

Asisten Perekonomian dan pembangunan, Dr. Bustan, mewakili Gubernur Kaltara dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk memberikan motivasi dan dorongan bagi eksportir dan pembudidaya rumput laut.

Selain itu ia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum kebangkitan ekspor produk kelautan dan perikanan khususnya rumput laut yang bernilai tambah dan berdaya saing ke pasar global.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pembagian Bantuan Sosial Harus Mudah, Cepat, dan Tepat Sasaran

 “Pemerintah terus berkomitmen untuk menggenjot produksi rumput laut, apalagi kita sadari bersama bahwa komoditas rumput laut mempunyai nilai ekonomi yang tinggi,” katanya, Pelabuhan Malundung Pelindo IV Kota Tarakan.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: kaltaraprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Papua Bergejolak, Ini Dia Penyebabnya!

Kamis, 22 September 2022 | 23:00 WIB
X