• Rabu, 5 Oktober 2022

Mengenang Kelahiran Pahlawan Nasional HR Rasuna Said

- Kamis, 15 September 2022 | 10:04 WIB
Rasuna Said (Google Doodle)
Rasuna Said (Google Doodle)

SILANEWS - Tanggal 14 September 1910 di dekat Danau Maninjau, Agam, di Sumatera Barat, lahirlah Hajjah Rangkayo Rasuna Said, yang dikenang sebagai Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia.

Memperingati tanggal kelahirannya yang ke-112, Google mengeluarkan Doodle tokoh yang dikenang sebagai Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia.

Pada masanya, ia dikenal memiliki suara berpengaruh pada isu-isu sosial, terutama hak-hak perempuan, seorang guru dan seorang jurnalis. Dia diakui sebagai pahlawan nasional Indonesia, wanita kesembilan yang menerima kehormatan.

Baca Juga: Melalui Doodle, Google Ikut Memperingati 'International Women's Day 2022'. Begini Tampilannya!

Sejak usia dini, dia blak-blakan tentang masalah hari itu. Keuletan dan kecerdasannya sebagai siswa dengan cepat membuka jalan untuk menjadi asisten guru, yang memotivasi gadis-gadis muda untuk bermimpi besar.

Pada 1926, Rasuna diundang untuk bergabung dengan Sarikat Rakyat, atau Gerakan Rakyat diikuti oleh Gerakan Islam pada 1930 yang membawanya untuk menyelenggarakan Persatuan Muslim Indonesia (PERMI) yang kritis terhadap kolonialisme Belanda dan perlakuan tidak adil terhadap perempuan.

Pada tahun 1931, Rasuna pindah ke Padang untuk meluncurkan divisi perempuan di PERMI. Fokusnya adalah membuka sekolah sastra untuk perempuan di seluruh Sumatera Barat.

Baca Juga: Promosikan Museum Wasaka, Pemprov Kalsel, Diadakan Lomba Video Pendek Bertema ‘Museum Di Hatiku’

Pada 1932, Rasuna ditangkap karena berbicara menentang kekuasaan Belanda. Ribuan orang menghadiri persidangannya di Payakumbuh pada tahun 1932. Pidato pembelaannya menginspirasi dan diberikan tanpa ragu-ragu.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenang Kelahiran Pahlawan Nasional HR Rasuna Said

Kamis, 15 September 2022 | 10:04 WIB

Menyusuri Jejak Sejarah Pramuka di Indonesia

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:19 WIB

Mengenal Asal Usul Nama Tanjung Priok

Minggu, 26 Juni 2022 | 22:01 WIB

Begini Sosok Bung Karno di Mata Kepala BPIP

Senin, 6 Juni 2022 | 21:06 WIB
X