• Rabu, 5 Oktober 2022

Peringatan HUT Ke-5 Museum Keris Nusantara – Solo, Digelar Bursa UMKM Seputar Keris dan Kirab Pusaka Keris

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:01 WIB
Flyer Hari Ulang Tahun Museum Keris Nusantara Ke-5 (surakarta.go.id)
Flyer Hari Ulang Tahun Museum Keris Nusantara Ke-5 (surakarta.go.id)

SILANEWS-Keris menjadi senjata yang sangat populer pada zaman dulu. Kerajinan keris diperkirakan mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak abad ke-9.

Bukan hanya di Jawa, keris juga dikenal di pulau-pulau lain, yaitu Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. Khusus di Jawa, keris masih digunakan untuk perlengkapan busana daerah dalam upacara atau ritual.

Untuk mengenal keris, masyarakat dapat mengunjungi Museum Keris Nusantara. Mueum itu merupakan salah satu museum yang ada di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah

Museum Keras berada di Jalan Bhayangkara Nomor 2, Sriwedari, Kecamatan Laweyan.

Tempat itu menyimpan banyak kerajinan keris, yang memperlihatkan perkembangan kerajinan dari berbagai daerah, dan dari zaman ke zaman.

Sebagaimana tiap daerah memiliki jenis senjata tajamnya masing-masing, keris merupakan senjata tradisional khas dan identitas banga Indonesia, khususnya Jawa.  

Baca Juga: Presiden Jokowi: Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Akan Dukung Hilirisasi dan Industrialisasi di Kalimantan

Pada 9 Agustus 2022 diperingati sebagai Hari Ulang Tahun ke-5 Museum Keris Nusantara. Museum Keris dibangun sejak 2013, dan diresmikan pada 9 Agustus 2017.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: surakarta.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Papua Bergejolak, Ini Dia Penyebabnya!

Kamis, 22 September 2022 | 23:00 WIB
X