• Rabu, 5 Oktober 2022

Tiga Lokasi Penanganan Stunting di Sragen Ditinjau Dirjen Kesehatan Masyarakat

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:08 WIB
Dirjen Endang meninjau 3 lokasi yakni Posyandu Mugi Rahayu V, Puskesmas Kedawung I dan RSUD Gemolong. (kemkes.go.id)
Dirjen Endang meninjau 3 lokasi yakni Posyandu Mugi Rahayu V, Puskesmas Kedawung I dan RSUD Gemolong. (kemkes.go.id)

SILANEWS-Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Maria Endang Sumiwi, mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Sragen, pada Jumat (5/8/2022).

Dragen menjadi salah satu lokasi penanganan Stunting, hingga perlu dipantau terus-menerus perkembangannya. Stunting dimaksudkan sebagai kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat kekurangan gizi kronis

Karenanya stunting menjadi masalah serius dan membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat, serta adanya fokus perhatian dari semua pihak terkait.

Baca Juga: Nindya Karya Berikan Penunjang Fasilitas Untuk Mahasiswa Magang

Dalam kunjungan kerja tersebut Dirjen Endang meninjau 3 lokasi, yakni Posyandu Mugi Rahayu V, Puskesmas Kedawung I, dan RSUD Gemolong.

''Hari ini kami mengunjungi Posyandu, Puskesmas, dan Rumah Sakit untuk melihat secara langsung penanganan stunting di Kabupaten Sragen,'' kata Dirjen Endang.

Dari hasil kunjungannya ke tiga titik tersebut, Dirjen Endang menyebutkan bahwa secara keseluruhan penanganan stunting sudah cukup baik, terutama kecakapan para kader dan tenaga kesehatan, dalam mengidentifikasi masalah gizi yang dialami para balita.

Baca Juga: ASEAN Para Games XI Tahun 2022 Ditutup, Presiden Jokowi: Keterbatasan Bukan Halangan Untuk Berprestasi

''Yang kami lihat ada peningkatan yang sangat baik dari kader dalam hal mengidentifikasi masalah gizi dan merujuknya ke Puskesmas. Misalnya, ada anak yang dalam dua kali penimbangan di dua minggu terakhir berat badannya tidak naik, itu selanjutnya diberikan alert ke Puskesmas dan dirujuk juga ke Puskesmas,'' ungkap Dirjen Endang.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X