• Rabu, 10 Agustus 2022

Di Banda Aceh, Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Hadirkan Produk Lebih Berkualitas dan Berdaya Saing

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Menparekraf Sandiaga saat hadir di acara "Pelatihan UMKM Kreatif: Pengolahan Tiram Menjadi Kerupuk Tiram" di Kuliner River Walk, Banda Aceh, Rabu (3/8/2022) (Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga saat hadir di acara "Pelatihan UMKM Kreatif: Pengolahan Tiram Menjadi Kerupuk Tiram" di Kuliner River Walk, Banda Aceh, Rabu (3/8/2022) (Kemenparekraf)

SILANEWS-Kreatif dan inovatif menjadi salah satu modal utama para pengusaha. Kreatif berarti menghasilkan ide-ide baru, sedangkan inovatif berarti berani mewujudkan ide-ide kreatif tersebut

Panjang rantai kegiatan usaha dari barang mentah menjadi barang jadi, hingga sampai ke tangan konsumen menjadi ladang kegiatan kreatif dan inovatif para pengusaha.

Terkait dengan usaha pariwisata dan ekonbomni kreatif, Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan inovasi, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi produk yang dihasilkannya.

Pernyataan Sandiaga itu disampaikan pada acara "Pelatihan UMKM Kreatif: Pengolahan Tiram Menjadi Kerupuk Tiram", di Kuliner River Walk, Banda Aceh, Rabu (3/8/2022),

Dikatakannya, para pelaku ekonomi kreatif di tanah air saat ini dihadapkan pada beragam tantangan di antaranya pandemi COVID-19, kesulitan ekonomi, kenaikan harga-harga bahan pokok, hingga menyempitnya kesempatan kerja.

"Hari ini kita langsung gerak cepat dengan menghadirkan pelatihan, kita langsung melihat permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat, pelaku ekonomi kreatif. Diantaranya harga-harga kebutuhan yang meningkat dan juga penciptaan lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Pelatihan ini, kata Sandiaga, menjadi salah satu upaya dari kementeriannya untuk menghadirkan solusi yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Melalui pelatihan ini para pelaku ekonomi kreatif diajak untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dengan menghadirkan nilai tambah suatu produk, sehingga menjadi produk yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

"Saya yakin upaya kita di sini akan memperkuat ekonomi kita, dengan target tahun ini 1,1 juta lapangan kerja baru dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," kata Sandiaga.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X