• Kamis, 11 Agustus 2022

Tren Positif Kinerja Angkutan Barang PT KAI pada Semester I 2022, Total Angkut 26,7 Juta Ton Barang

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi Kereta Barang PT.KAI (bumn.go.id)
Ilustrasi Kereta Barang PT.KAI (bumn.go.id)

SILANEWS-Saat ini jalan tol telah menyambungkan hampir dari ujung ke ujung Jawa dan Sumatra. Namun, pilihan lain untuk angkutan darat masih ada, yaitu kereta api.

Sempat mengalami penurunan dalam jumlah angkutan barang dan orang selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, kini aktivitas kereta api -khususnya angkutan barang- kembali normal, bahkan menunjukkan peningkatan.

Seperti unggalam laman bumn.go.id, yang menyebutkan bahwa kinerja angkutan barang PT Kereta Api Indonesia (Persero) menunjukkan tren positif pada Semester I 2022.

Baca Juga: Menggembirakan, 7 Medali Emas Cabor Renang pada Asean Para Games Solo 2022 Disumbangkan Perenang Indonesia

KAI mengangkut sebanyak 26,7 juta ton barang, naik 15% dibanding Semester I 2021. Saat itu KAI mengangkut sebanyak 23,2 juta ton barang.

Secara umum, peningkatan ini dipengaruhi oleh semakin meredanya pandemi sehingga iklim usaha pun turut membaik.

“Peningkatan kinerja angkutan barang KAI pada Semester I 2022 ini menunjukkan bahwa layanan angkutan barang menggunakan kereta api semakin diandalkan masyarakat dan memiliki prospek yang cerah ke depannya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus. 

Baca Juga: Prihatin Keluarga Korban Kebakaran di Kelurahan Sepinggan,Jajaran Disdikbud Balikpapan Sumbangkan Rp 66,8 Juta

Angkutan barang KAI pada Semester I 2022 didominasi oleh angkutan batu bara sebesar 20,6 juta ton atau 77,2% dari total angkutan barang KAI. Angkutan batu bara juga mengalami peningkatan volume yang paling besar dibandingkan komoditi lainnya yaitu sebesar 3 juta ton pada Semester I 2022 atau naik 17% dibanding periode sebelumnya. (SH)***

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: BUMN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X