• Minggu, 4 Desember 2022

Cegah Kecelakaan Kapal dan Pencemaran Akibat Cuaca Buruk, Ini Upaya Kemenhub!

- Senin, 1 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Dalam upaya pencegahan kecelakaan kapal dan pencemaran lingkungan maritim akibat cuaca buruk Kemenhub mulai keluarkan 'Maklumat Pelayaran'. (beritadiy.pikiran-rakyat.com)
Dalam upaya pencegahan kecelakaan kapal dan pencemaran lingkungan maritim akibat cuaca buruk Kemenhub mulai keluarkan 'Maklumat Pelayaran'. (beritadiy.pikiran-rakyat.com)

SILANEWS - Dalam upaya melakukan pencegahan kecelakaan kapal dan pencemaran lingkungan maritim akibat cuaca buruk Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai keluarkan 'Maklumat Pelayaran'.

Prediksi bakal terjadinya cuaca ekstrim, di darat maupun di laut, mengharuskan pihak-pihak terkait memperingatkan para pengelola maupun pengguna sarana perhubungan laut untuk lebih waspada.

Kegiatan pelayaran sangat tergantung pada kondisi laut. Bila terjadi cuaca ekstrim maka pelayaran ditangguhkan, atau bahkan dibatalkan, sampai laut normal kembali.

Baca Juga: Layanan BPJS Kesehatan Sangat Membantu Masyarakat Tidak Mampu, Tapi Bagaimana Soal Antriannya?

Untuk itu demi menjaga kemanan dan keselamatan pelayaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada Selasa, 26 Juli 2022 menerbitkan Maklumat Pelayaran.

Maklumat pelayaran tersebut dikeluarkan sebagai langkah antisipasi menyusul adanya prediksi cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, menyampaikan bahwa Maklumat Pelayaran ini dikeluarkan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kapal serta pencemaran lingkungan maritim akibat cuaca buruk.

Baca Juga: Muhammadiyah Ajak Umat Lintas Agama Dalami Kesalehan Lingkungan

Adapun Maklumat Pelayaran menginstruksikan kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, Kepala Kantor KSOP, Kepala Kantor UPP, Kepala Kantor KSOP Khusus Batam, Kepala Pangkalan PLP, serta Kepala Distrik Navigasi di seluruh Indonesia untuk gencar melaksanakan kegiatan kampanye dan sosialisasi keselamatan dan keamanan pelayaran.

Halaman:

Editor: Yulyanto

Sumber: dephub.go.id.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Pimpin Ratas Terkait Progres RUU KUHP

Selasa, 29 November 2022 | 07:49 WIB

Presiden Jokowi Bertemu Para Pengusaha Korea Selatan

Selasa, 15 November 2022 | 13:00 WIB
X