• Rabu, 5 Oktober 2022

Begini Keterkaitan 'Kurikulum Merdeka Belajar' dengan 'Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila'!

- Rabu, 13 Juli 2022 | 20:49 WIB
Kurikulum Merdeka Belajar dan kaitannya dengan 'Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Bagaimana memahaminya? (kemdikbud.go.id)
Kurikulum Merdeka Belajar dan kaitannya dengan 'Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Bagaimana memahaminya? (kemdikbud.go.id)

 

SILANEWS - 'Kurikulum Merdeka Belajar' dan kaitannya dengan 'Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Bagaimana memahaminya?

Seperti diketahui bersama, 'Kurikulum Merdeka Belajar' kini sudah mulai diimplementasikan oleh beberapa institusi pendidikan di Indonesia.

Lalu bagaimana sebenarnya korelasinya dengan 'Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)' yang juga sedang dikembangkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) saat ini.

Baca Juga: Cedera Saat Timnas U-19 Indonesia vs Myanmar, Ronaldo Kwateh Ooperasi Hidung

'Profil Pelajar Pancasila' sendiri sudah diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 22 tahun 2022 tentang Rencana Strategis Kemdikbud tahun 2020-2024.

Dalam 'Kurikulum Merdeka Belajar' guru harus memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan P5, karena itu mereka wajib paham dulu apa itu P5. 

Baca Juga: Selamat Tinggal Mina, Kota Yang Menyimpan Kenangan Abadi

'Kurikulum Merdeka Belajar' juga mengharuskan guru dituntut lebih jeli dan kreatif dalam melihat minat dan bakat para siswa.

Siswa sendiri harus menjadi manajer dalam belajar, dan saat itu guru harus mampu menjadi fasilitator, mediator, organisator, dan lainnya untuk kemajuan siswa.

Halaman:

Editor: Yulyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X