• Minggu, 4 Desember 2022

Mengenal Asal Usul Nama Tanjung Priok

- Minggu, 26 Juni 2022 | 22:01 WIB
Stasiun KA Tanjung Priok
Stasiun KA Tanjung Priok

SILANEWS - Bagi anda yang tinggal di Jakarta dapat dipastikan mengetahui nama Tanjung Priok, sebuah kawasan di Jakarta Utara dimana terdapat pelabuhan yang sudah beroperasi sejak zaman Hindia Belanda hingga sekarang.

Dari sisi popularitas, nama Tanjung Priok tidak kalah populernya bila dibandingkan dengan wilayah lainnya di Jakarta. Meski demikian tidak banyak yang mengetahi asal-usul nama Tanjung Priok.

Mengingat masih dalam suasana peringatan HUT ke 495 Jakarta, tulisan ini mencoba mengungkap asal-usul nama Tanjung Priok.

Baca Juga: PT KAI Pastikan Saat ini Stasiun Gambir Masih Layani Pelanggan Kereta Api Jarak Jauh

Konon nama Tanjung Priok berasal dari kata "Tanjung" dan "Priok". Kata tanjung artinya daratan yang menjorok ke laut dan kata priok (periuk) yakni semacam panci masak dari tanah liat yang merupakan komoditas perdagangan sejak zaman prasejarah. Pada masa itu konon banyak diproduksi dan dijualbelikan panci model periuk di daerah tersebut. 

Versi lain menyatakan nama daerah itu bermula dari nama pohon tanjung (Mimusops elengi) yang tumbuh menandai makam Mbah Priok (Habib Ali Al-Haddad).

Dalam versi yang lebih lengkap, dikisahkan bahwa Mbah Priok yang biasa dipanggil Habib, adalah seorang ulama kelahiran Palembang pada 1727. Dia kemudian ke Pulau Jawa untuk menyebarkan agama Islam.

Baca Juga: Menteri Agama : Kami Akan Atur Ketentuan Hewan Kurban di Tengah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

Bersama pengikutnya, Habib berlayar menuju Batavia selama 2 bulan. Lolos dari kejaran perahu Belanda, kapalnya digulung ombak besar sehingga semua perlengkapan di dalam kapal dibawa gelombang. Yang tersisa hanya alat penanak nasi dan beberapa liter beras yang berserakan.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menafsir Pahlawan Masa Kini

Kamis, 10 November 2022 | 12:03 WIB

Asal Muasal Nama Kanjuruhan yang Mendunia

Senin, 10 Oktober 2022 | 22:08 WIB

Mengenang Kelahiran Pahlawan Nasional HR Rasuna Said

Kamis, 15 September 2022 | 10:04 WIB
X