• Senin, 4 Juli 2022

Kenapa Ayo Bangkit Bersama Menjadi Tema Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022?

- Kamis, 19 Mei 2022 | 07:52 WIB
Diorama suasana sekolah kedokteran Stovia di gedung Kebangkitan Nasional (Aris Heru Utomo)
Diorama suasana sekolah kedokteran Stovia di gedung Kebangkitan Nasional (Aris Heru Utomo)

SILANEWS - Bagi masyarakat Indonesia, 20 Mei merupakan salah satu tanggal penting dalam sejarah kebangkitan bangsa dan diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas. Tanggal tersebut merupakan kelahiran organisasi Budi Utomo atau Boedi Oetomo dalam ejaan lama pada tahun 1908.

Budi Utomo adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh beberapa mahasiswa School tot Opleiding van Indische Arsten (STOVIA). Organisasi ini aktif bergerak di berbagai bidang seperti sosial, ekonomi, dan kebudayaan tanpa melibatkan unsur politik. Anggotanya adalah para cendekiawan Jawa yang terpelajar.

Tokoh pendiri Budi Utomo di antaranya Dr Soetomo, Soeraji Tirtonegoro, Goenawan Mangoenkoesoemo. Namun, pendirian Budi Utomo tidak lepas dari peran dan ide dr. Wahidin Soedirohusodo yang menginspirasi Soetomo dan kawan-kawannya.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hari Kebangkitan Nasional 2022

Dr. Wahidin mencetuskan idenya melalui 'studiefonds' atau dana pendidikan agar tidak mudah diadu oleh penjajah, sementara Soetomo dan kawannya juga memiliki rasa nasionalisme perjuangan yang tinggi. Gagasan mereka pun cocok untuk digabungkan.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada 1945, pada tanggal 16 Desembver 1948. Pemerintah Indonesia resmi menetapkan Harkitnas sebagai Hari Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) nomor 316 tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Meski baru ditetapkan pada tahun 1959, sesungguhnya peringatan Harkitnas telah dilakukan sejak tahun 1948 di Yogyakarta oleh Presiden Soekarno.

Sejak saat itu setiap tahun Harkitnas diperingati oleh Pemerintah dan masyarakat Indonesia sebagai upaya untuk memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong masyarakat dan bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan. Dihitung sejak kelahiran Budi Utomo, maka peringatan Harkitnas tahun 2022 ini adalah peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional.  

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pemerintah Siapkan Skema Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H/2022 M

Sesuai dengan Keputusan Presiden (KEPPRES) nomorm 18 tahun 2022 tentang Perubahanatas Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 1985 Tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, maka penyelenggaraan Harkitnas dikoordinasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Asal Usul Nama Tanjung Priok

Minggu, 26 Juni 2022 | 22:01 WIB

Begini Sosok Bung Karno di Mata Kepala BPIP

Senin, 6 Juni 2022 | 21:06 WIB

Pohon Sukun dan Pancasila

Senin, 30 Mei 2022 | 08:10 WIB
X