• Senin, 4 Juli 2022

Ancaman Penyakit Mulut dan Kuku Ternak Bisa Berdampak Besar Saat Idul Adha

- Senin, 16 Mei 2022 | 20:52 WIB
Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, termasuk pada Sapi dan Kambing/Domba mulai mengkhawatirkan, dan hal ini bisa berdampak besar saat Idul Adha mendatang. (galamedia.pikiran-rakyat.com)
Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, termasuk pada Sapi dan Kambing/Domba mulai mengkhawatirkan, dan hal ini bisa berdampak besar saat Idul Adha mendatang. (galamedia.pikiran-rakyat.com)

SILANEWS - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, termasuk pada Sapi dan Kambing/Domba mulai mengkhawatirkan, dan hal ini bisa berdampak besar saat Idul Adha mendatang.

Kekhawatiran ini sebenarnya sudah terjadi sejak menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H awal Mei 2022 lalu.

Penyakit itu biasanya menyerang hewan ternak Sapi dan Kambing/Domba, atau hewan-hewan yang biasa digunakan umat Islam untuk qurban.

Baca Juga: Mengikuti Jejak Deklarasi Buruh di Jakarta,Buruh Pekanbaru Pilih Stadion Kaharudin Nasution Sampaikan Aspirasi

Sebagaimana diberitakan oleh media, bahwa penularannya sangat tinggi ke sesama hewan, bahkan mencapai 100 persen.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengemukakan hal itu pada acara halal bi halal yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), di Purwokerto, pada 13 Mei 2022 lalu.

Abdul Mu’ti mengkhawatirkan lebih jauh, dengan ungkapan “Tidak bisa dipungkiri masalah ini menimbulkan masalah bagi ketentraman, terlebih masalah psikologis dan politis.”

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Sudah Tiba di Tanah Air Setelah Kunjungan Kerja di AS dan Takziah di UEA

“Memang kasusnya kecil-kecil, tetapi ini penyebarannya bisa sangat cepat karena faktor yang sebagian disebabkan oleh virus dan itu bisa terjadi dalam waktu yang sangat singkat dan berdampak sangat luas. Dampak psikologis dan dampak politis ini juga perlu diantisipasi,” katanya.

Halaman:

Editor: Yulyanto

Sumber: Muhammadiyah .or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASN Aceh Donorkan Darah 5.273 Kantong

Jumat, 24 Juni 2022 | 23:41 WIB

Ketika Kentut Wanita Lebih Bau dari Pria

Minggu, 22 Mei 2022 | 11:26 WIB

Tetap Bugar dan Sehat Selepas Lebaran

Sabtu, 30 April 2022 | 13:11 WIB

Mitos atau Fakta Makan Brutu Bikin Cepat Pikun?

Sabtu, 2 April 2022 | 11:34 WIB

Kenali Gejala Vertigo dan Cara Pencegahannya

Senin, 14 Maret 2022 | 06:00 WIB
X