• Senin, 4 Juli 2022

Penyebaran PMK Hewan Ternak Sangat Cepat. Ini yang Dilakukan Pemkab Banjar!

- Senin, 16 Mei 2022 | 21:56 WIB
Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak di Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan sangat cepat dan semakin mengkhawatirkan. (Wikipedia.org)
Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak di Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan sangat cepat dan semakin mengkhawatirkan. (Wikipedia.org)

SILANEWS - Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak di Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan sangat cepat dan semakin mengkhawatirkan.

Maraknya penularan PMK pada hewan ternak di Jawa Timur, membuat pemerintahan Kabupaten Banjar ikut menggencarkan pemeriksaan kesehatan hewan.

PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus.

Baca Juga: Ujian PKPPS Jenjang Wustho Akan Digelar Serentak Kemenag. Catat Tanggalnya!

Penyebaran sangat cepat mengikuti arus transportasi daging dan ternak terinfeksi. Diantaranya, Sapi, Kerbau, Unta, Gajah, Rusa, Kambing, Domba dan Babi.

Indonesia dengan belasan ribu pulau dan ratusan pelabuhan besar dan kecil, sehingga rawan penyelundupan ternak dan bahan asal hewan (daging, kulit, dll.) dari negara Endemis PMK seperti India, Brasil, Malaysia, Thailand, Filipina dan sekitarnya.

Dalam beberapa hari ini petugas Dinas Pertanian Banjar memeriksa hewan ternak di beberapa wilayah di antaranya Desa Mandi Angin Kecamatan Karang Intan, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Ini Dia, 8 Pejabat Baru Mahkamah Agung yang Dilantik dan Diambil Sumpahnya

Selain melakukan pemeriksaan para petugas juga memberikan sosialisasi kepada peternak tentang PMK dan ciri-ciri hewan terinfeksi penyakit tersebut.

Halaman:

Editor: Yulyanto

Sumber: banjarkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Misi Gila Jokowi!

Sabtu, 2 Juli 2022 | 14:27 WIB
X