• Senin, 4 Juli 2022

Benarkah Jumat Tanggal 13 atau Friday the 13th sebagai Hari Yang Membawa Sial

- Jumat, 13 Mei 2022 | 09:31 WIB
Ilustrasi ramalan zodiak Jumat 13 Mei 2022 untuk Libra, Scorpio dan Sagitarius. (Pixabay)
Ilustrasi ramalan zodiak Jumat 13 Mei 2022 untuk Libra, Scorpio dan Sagitarius. (Pixabay)

SILANEWS - Hari ini Jumat bertepatan dengan tanggal 13 Mei 2022. Dalam kalender Masehi, Jumat tanggal 13 atau Friday the 13th akan dialami setidaknya sekali dalam setahun. Di Barat, banyak yang menganggap Jumat tanggal 13 sebagai hari sial atau hari yang menyeramkan.

Tidak mengherankan apabila sebagian orang akan menghindari hari ini. Orang-orang yang percaya takhayul akan menunda kegiatan penting dan ada sebagian kecil dari Anda yang menunggu sesuatu yang aneh terjadi pada hari ini.

Bukan hanya menghindari Jumat tanggal 13, tidak sedikit pula orang yang menghiundari penggunaan nomor 13. Lihat saja penomoran lantai pada gedung-gedung bertingkat, biasanya setelah lantai 12 langsung disebut dengan 12A, 12B dan langsung loncat menjadi 14. Kamar hotel yang kebetulan nomor 13 pun biasanya langsung dirubah dengan nomor lain. B

Baca Juga: Ngawi Beruntung Punya Daya Tarik Wisata Cagar Budaya ‘Benteng Pendem’, Progres Konstruksinya Sudah 75 Persen!

Beberapa alasan yang mengemuka antara lain karena jika ada 13 orang yang berkumpul, maka orang-orang tersebut tidak dapat dikelompokan menjadi 2, 3, 4 atau 6, pasti ada 1 orang yang tersisa dan orang ini dipandang sebagai orang yang tidak beruntung.

Alasan lain, angka 13 sebagai angka sial karena merujuk ke Judas, orang yang mengkhianati Jesus, yang saat perjamuan akhir duduk pada kursi ke 13.

Alasan lain yang juga disebutkan adalah karena manusia memandang angka 12 sebagai angka sempurna, karena terkait dengan banyak peristiwa seperti dalam setahun terdapat 12 bulan, sistim perbintangan juga mengenal 12 bintang, siang dan malam dibagi menjadi 12 jam. Angka 13 menjadi angka sial karena 1 angka di atas angka sempurna. Sesuatu yang dianggap melebih angka sempurna justru dipandang dapat memunculkan kegagalan. Pandangan lain juga menyebutkan bahwa angka 13 jika dijumlahkan (1 dan 3) hasilnya menjadi 4, yang dalam bahasa Cina diartikan sebagai mati.

Baca Juga: 9 Siswa ‘Defence Force School of Languages’ Australia Kunjungi KBRI Canberra, Bahasa dan Budaya Mereka Minati

Di era modern, ombinasi hari Jumat dan angka 13 sebagai hari kesialan tampaknya menjadi tradisi yang relatif baru - mungkin baru berusia sekitar 100 tahun. Bahkan ada kata khusus untuk ketakutan pada hari Jumat tanggal 13 - paraskevidekatriaphobia.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich

Senin, 27 Juni 2022 | 13:30 WIB
X