• Rabu, 5 Oktober 2022

Menhub Imbau Mudik Lebaran Lebih Awal, Pemudik Gunakan Angkutan Laut Diprediksi 1,4 Juta Orang

- Jumat, 22 April 2022 | 06:03 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2022 di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4). (Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2022 di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4). (Kemenhub)

SILANEWS-Banyak pihak sudah memperkirakan arus mudik dan balik lalu-lintas tahun ini bakal luar-biasa padat. Bila tahun-tahun sebelum pandemic Covid-19 pun kondisi pada beberapa titik rawan tak terkendali, apalagi saat ini.

Itu sebabnya dilakukan dilakukan banyak perbaikan sarana-prasarana perhubungan, ketentuan cuti-bersama, mudik gratis bagi penumpang maupun sepeda motor, rekayasa lalu-lintas, hingga imbauan agar melakukan mudik lebih awal.

Hal itu juga dikemukakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2022 di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4).

Baca Juga: Straregi Operasional Pengelolaan Jalan Tol Surabaya-Gempol Dimatangkan, Rekayasa Lalu-Lintas Disiapkan

Budi Karya mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal untuk menghindari terjadinya kepadatan.

“Kalau bisa lakukan perjalanan mulai 23 April 2022. Hindari tanggal 28-30 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak arus mudik, untuk mencegah terjadinya kepadatan. Kalau sudah padat, nanti masyarakat juga yang terkena dampaknya,” jelas Menhub.

Pelabuhan Kalianget menjadi salah satu pelabuhan di Jawa Timur yang diprediksi mengalami lonjakan penumpang kapal laut di masa mudik lebaran.

Baca Juga: Ini Dia Kuburan Untuk Pakaian Bekas di Gurun Atacama Chili

Sebagaimana yang diprediksi juga terjadi di sejumlah pelabuhan di luar Jawa seperti di Sulsel, Selayar, Samarinda, Banjarmasin, Pangkalan Bun, dan Batam.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: Kemenhub

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X