• Kamis, 19 Mei 2022

Presiden Jokowi Pilih Nusantara sebagai Nama Ibu Kota Negara yang Baru

- Senin, 17 Januari 2022 | 22:10 WIB
Nusantara dipilih sebagau nama Ibu Kota Negara Indonesia yang baru nantinya (Bappenas)
Nusantara dipilih sebagau nama Ibu Kota Negara Indonesia yang baru nantinya (Bappenas)

SILANEWS - Setelah melalui pembahasan, akhirnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan bahwa nama ibu kota negara di Penajam Utara akan bernama Nusantara.

Penyebutan nama ibu kota negara tersebut disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas dalam Rapat Panitia Kerja Pansus RUU IKN yang dilaksanakan Senin, (17/1/2022). 

Menurut Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso, pemilihan nama Nusantara sudah dipikirkan sejak lama oleh Presiden RI Jokowi.

Namun persetujuan Presiden Jokowi mengenai nama ibu kota negara baru Jumat (14/1/2022) yang lalu. Presiden Jokowi setuju dengan nama 'Nusantara'.

Baca Juga: Apa Kabar Ibu Kota Negara Baru Indonesia di Kalimantan Timur?

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada hari Jumat. Jadi ini sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara," ujar Suharso

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu, dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," tambah Suharso.

Terkait dengan alasan kenapa nama Nusantara yang dipilih, Suharso menyebutkan bahwa sebenarnya ada 80-an nama lain yang telah diusulkan  setelah konsultasi dengan para ahli bahasa. Usulan nama itu mulai dari Nusantara Jaya hingga Nusa Karya.

Baca Juga: Nah Ini Dia Pimpinan Ibu Kota Negara Baru Nantinya

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X