• Kamis, 19 Mei 2022

Gawat! Bupati dan Walikota Bekasi Mesti Terjun ke Kali Jambe Nih

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 23:24 WIB
Gundukan sampah di Kali Jambe (aliansi kali jambe)
Gundukan sampah di Kali Jambe (aliansi kali jambe)

SILANEWS – Dari sebuah gambar dari Aliansi Kali Jambe ang dikirimkan anggota komunitas Jaringan Kampung Bekasi memperlihatkan seorang pria telentang di atas tumpukan sampah dengan tulisan besar “Selamatkan Kali Jambe”.

Ya, gundukan sampah tersebut bukan sampah biasa, tetapi puluhan ton sampah yang tertahan di gorong-gorong jembatan tol Jakarta - Cikampek di kelurahan Jatimulya,Tambun Selatan, Bekasi. Sampah tersebut adalah potongan kayu, sampah rumah tangga dan sampah plastik menumpuk dengan ketinggan 50 cm. Meski berulang kali dibersihkan tumpukan sampah kembali menggunung.

Kondisi memperihatinkan tersebut mendorong tim relawan untuk membersihkan sampah sepanjang 20 meter di wilayah kali Jambe dengan peralatan seadanya dan satu truk pengangkut sampah. Dengan kondisi seperti itu, Upaya membersihkan tidak bisa dilakukan maksimal. Perlu keterlibatan pihak terkait untuk menyiapkan alat berat guna membersihkan sampah dengan cepat.

Baca Juga: Tidak bisa Membangun Perpustakaan Besar, Bayu Membuat Perpustakaan Jalanan (Perpusjal). Keren!

Menurut salah seorang relawan Abdul Latief saat diwawancara Indosiar, tumpukan sampah tersebut berada d dua wiayah,  kabupaten dan kota. Dari hulu tidak ada perawatan berkala, tidak ada titik-titik jaring buat penamoung sementara sampah.  Dari hulu langsung ke hilir. Para relawan khawatir jika tidak dibersihkan akan menjadi penyebab banjir di wilayah Bekasi.

Dengan kondisi seperti tersebut di atas, seberapa cepat dan banyak sampah dibersihkan, selalu akan kembali terjadi penumpukan sampah di Kali Jambe. Untuk itu, selain penyediaan alat berat untuk mempercepat pengerukan sampah, yang juga diperlukan adalah upaya-upaya pencegahan di hulu dan peningkatan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Masyakarat mesti dibiasakan untuk tidak menjadikan sungai atau kali sebagai tempat pembuangan sampah.

Mengingat Kali Jambe masuk ke wilayah Kabupaten dan Kota Bekasi, maka kedua pemerintahan mesti duduk bersama guna menyusun rencana terpadu dan melaksanakan program kebersihan mulai dari hulu ke sungai. Keduanya mesti terjun langsung ke Kali Jambe untuk mengetahui permasalahan dengan benar sehinga solusi kebijakannya pun akan maksimal dalam menyelesaikan masalah sampah yang menumpuk***

Editor: Yulyanto

Sumber: Indosiar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X