• Kamis, 19 Mei 2022

Mencermati Empat Masjid Berarsitektur Unik dan Menarik

- Senin, 18 Oktober 2021 | 17:13 WIB
Masjid Permen di Yogyakarta yang unik (Maglearning)
Masjid Permen di Yogyakarta yang unik (Maglearning)

SILANEWS - Di Jakarta dan Yogyakarta, ada beberapa masjid dengan arsitektur tak biasa. Keunikan ini sangat terasa ketika kita berada disana.

MASJID PERMEN

Masjid Permen, begitulah masyarakat sekitar Kalasan, Slemsn, Yogyakarta menyebut masjid ini. Disebut Masjid Permen lantaran atap masjid dan kubahnya berwarna warni layaknya permen lolipop.

Masjid bernama An Nurumi ini memang dikenal dengan bentuknya nanti unik. Sekilas, masjid ini hampir mirip dengan Istana Kremlin di Moscow, Rusia. Nama An Nurumi di ambil dari nama Ibu Noor, dan Ibu Rumi. Ibu Nur adalah anak dari mbok berek, pengusaha rumah makan yang sukse, sedangkan Rumi adalah nama cucunya.

Menurut Suyanto (43), pengurus masjid, awalnya hanya ingin dibangun mushola, namun kemudian diperbesar menjadi masjid. Sembilan kubah yang terdapat diatapnya merupakan representasi dari Wali Songo, sedangkan banyaknya warna di kubah tersebut melambangkan bahwa semua kaum muslimin boleh masuk dan beribadah dimasjid ini.

Masjid yang diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada 9 Agustus 2007 ini menghabiskan dana sekitar Rp. 1 milliar.

MASJID HIDAYATULLAH

Masjid berikutnya adalah masjid Hidayatullah yang terletak di belakang gedung Sampoerna Strategis Square. Masjid ini memberikan kita gambaran akan sesuatu yang indah tentang kehidupan di Jakarta pada masa lampau.

Coba saja berdiri di sebrang gerbang utamanya. Mungkin sekali anda akan membayangkan kelompok masyarakat keturunan China, Betawi dan sejumlah penduduk beragama Hindu bahu- membahu mengangkat batu-batu besar serta potongan batang pohon jati disekitar kawasan Karet, Jakarta.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Terkini

Menelusuri Sejarah Pencak Silat yang Penuh Dinamika

Senin, 29 November 2021 | 14:00 WIB

Memetik Makna di Balik Perayaan Hari Ayah Nasional

Jumat, 12 November 2021 | 11:35 WIB
X