• Rabu, 19 Januari 2022

Kepala BPIP Harapkan Duta Santri Bisa Jadi Agen Perubahan, Pembawa Misi Islam dan Pelopor Pancasila

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 00:46 WIB
Kepala BPIP menyerahkan hadiah pada pemenang Duta Santri 2021 (BPIP)
Kepala BPIP menyerahkan hadiah pada pemenang Duta Santri 2021 (BPIP)

SILANEWS – “Semua finalis memberikan semangat positif bahwa santri masa kini adalah yang bisa memadukan tradisi dan kemajuan. Bisa menyeimbangkan antara  spritiual dan intelektualita,s sekaligus menunjukkan semangat kebangsaan,”demikian disampaikan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A, Phd ketika memberikan sambutan pada kegiatan Pemilihan Duta Santri Nasional dan Festival Halal Fashion Show 2021 yang disiarkan langsung TVRI (21/10/2021)..

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021 oleh Pengurus Wilayah Fatayat Nadlatul Ulama, Daerah Istimewa Yogyakarta, diikuti oleh 1.379 santri dan santriwati dari berbagai pondok pesantren di Indonesia.

Pemilihan Duta Santri 2021 merupakan ajang pencarian role model kaum muda Islam dari kalangan pesantren dan lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan nilai-nilai kepesantrenan di seluruh Indonesia.

“Berharap para peserta duta santri bisa menjadi agen perubahan membawa misi Islam rahmatan lil alamin sekaligus pelopor Pancasila” ujar Kepala BPIP sebelum mengakhiri sambutannya.

Baca Juga: Kemegahan Monumental Keraton Kasepuhan Cirebon

Dalam malam final pemilihan duta santri ini, sebanyak 14 finalis secara bergiliran diwajibkan menjawab pertanyaan yang diberikan Dewan Juri yang berasal dari perwakilan BPIP, UGM, UIN Sunan Kalijaga, Fatayat NU dan Bank Syariah Indonesia. Kriteria pemilihan meliputi 7 bidang yaitu sosial dan politik, kesehatan dan lingkungan, budaya-seni dan olahraga, kewirausahaan, sains dan teknologi, dan diaspora.

Terpilih sebagai pemenang Santri Award bidang Agama: Ahmad Ginanjar Sya’ban, bidang Diaspora: Mohamamd Rodlin Billah, bidang Kewirausahaan: Wirda Mansyur, bidang Sains dan Teknologi: Muhammad Ataka, bidang Sosial Politik dan Kemasyarakatan: Slamet Tohari, bidang Kesehatan dan Lingkungan: dr. Fauqo Arinil, bidang Seni Budaya dan Olahraga: Nadia R Saviana.

Terpilih sebagai Duta Santri Persahabatan adalah Mohammad Fahmi Reksa dari Pondok Pesantren Modern Al Muamanah Bandung dan Hana Sevia dari Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putri Bekasi.

Baca Juga: Upaya Mengajarkan Anak Bertoleransi

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

15 Link Twibbon Terbaik Hari Ibu 22 Desember 2021

Minggu, 19 Desember 2021 | 12:56 WIB
X