Konferensi Lingkungan COP27 di Mesir, China Sedia Berkontribusi Untuk Kompensasi Kerusakan Iklim

- Kamis, 10 November 2022 | 08:18 WIB
Xie Zhenhua, utusan khusus China untuk iklim, berbicara pada KTT Iklim PBB COP27 pada hari Selasa, 8 November 2022, di Sharm el-Sheikh, Mesir (AlJazeera)
Xie Zhenhua, utusan khusus China untuk iklim, berbicara pada KTT Iklim PBB COP27 pada hari Selasa, 8 November 2022, di Sharm el-Sheikh, Mesir (AlJazeera)

SILANEWS-Kerusakan dan kerugian karena kondisi iklim yang ekstrem pada banyak negara di dunia mengharuskan negara-negara kaya, yang memiliki banyak industri pembuatan polusi dan limbah, memberikan kompensasi.

Dampak buruk perubahan iklim secara nyata juga dialami China, karenanya negara itu menyatakan bersedia memberikan kompensasi.

China bersedia berkontribusi pada mekanisme untuk memberi kompensasi kepada negara-negara miskin atas kerugian dan kerusakan yang disebabkan oleh perubahan iklim, kata utusan iklimnya Xie Zhenhua.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terima Presiden World Water Council Loïc Fauchon

Berbicara pada konferensi lingkungan COP27 di Mesir pada Rabu (9/11/2022), Xie mengatakan China tidak memiliki kewajiban untuk berpartisipasi tetapi menekankan solidaritasnya dengan mereka yang menyerukan tindakan lebih dari negara-negara kaya mengenai masalah ini, seraya menguraikan kerusakan yang diderita China akibat cuaca ekstrem terkait iklim.

China ditetapkan oleh Organisasi Perdagangan Dunia sebagai negara berkembang, meskipun memiliki ekonomi terbesar kedua di dunia.

Bulan lalu, utusan khusus iklim Amerika Serikat, John Kerry, mengatakan kepada wartawan bahwa China harus menyumbangkan dananya sendiri untuk kerugian dan kerusakan, "Terutama jika mereka berpikir, mereka akan terus berlanjut hingga 30 tahun ke depan dengan meningkatkan emisi mereka," Politico melaporkan.

Baca Juga: Vonis Hukuman Seumur Hidup, Brenton Tarrant Pembunuh 51 Jemaah di Dua Masjid - Selandia Baru Lakukan Banding

Xie mencatat bahwa Kerry, ‘sahabatnya selama 25 tahun’, tidak mengangkat masalah ini dengannya selama pembicaraan informal di COP27 minggu ini.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X