• Rabu, 10 Agustus 2022

Gelombang Panas Sebabkan Ribuan Hutan dan Lahan Terbakar di Eropa, WHO: 1.700 Kematian di Spanyol dan Portugal

- Kamis, 28 Juli 2022 | 09:30 WIB
Ilustrasi Gelombang Panas & hutan terbakar (FREEPIK/pvproductions)
Ilustrasi Gelombang Panas & hutan terbakar (FREEPIK/pvproductions)

SILANEWS-Gelombang panas ekstrim pada banyak negara Eropa menyebabkan terjadinya kebakaran, hingga melanda hutan dan lahan, serta pemukiman.

Akibat lebih jauh mengusir penduduk maupun pelancong dari kota dan kawasan wisata. Petugas pemakam kebakaran berjuang keras untuk membatasi kobaran api, tapi percik api menyebar cepat dibawa angin kencang kemana-mana.

Yunani pada hari Minggu (24/7/2022) berjuang melawan 4 kebakaran hutan besar yang telah memaksa ratusan orang meninggalkan rumah mereka. Suhu yang melonjak membawa kekhawatiran akan lebih banyak kebakaran di Yunani dan di Spanyol.

Baca Juga: Indonesia dan Jepang Sepakat Perkuat Perdagangan dan Investasi

Yunani mengalami gelombang panas yang dimulai pada hari Sabtu, dan diperkirakan akan berlangsung selama 10 hari. Suhu akan meningkat hingga 42ºC pada beberapa wilayah.

Yunani menghadapi "kekeringan yang eksplosif, suhu tinggi dan angin kencang", kata juru bicara pemadam kebakaran Yiannis Artopoios, dalam pengarahan pada Minggu malam.

Kebakaran berkobar di utara, timur dan selatan negara itu, termasuk di pulau wisata Lesbos, di mana sekitar 200 orang diperintahkan meninggalkan desa Vryssa pada hari Minggu untuk menghindari api.

Baca Juga: Provinsi Abra – Filipina Dilanda Gempa M 7,3 Hingga Tewaskan 4 Orang, Hancurkan Bangunan dan Jaringan Listrik

Seorang wanita tua meninggalkan desa membawa beberapa barang dalam kantong plastik, karena asap tebal menyelimuti rumah-rumah pertama.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X