• Kamis, 11 Agustus 2022

Indonesia dan UEA Tandatangani Dokumen Kerjasama Ekonomi Bilateral

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:15 WIB
Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden UEA Sheikh Mohammad Bin Zayed (IG Jokowi)
Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden UEA Sheikh Mohammad Bin Zayed (IG Jokowi)

SILANEWS - Akhiri kunjungan kerja ke Jerman dalam rangka menghadiri KTT G7, ke Ukraina dan Rusia dalam rangka diplomasi damai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) lakukan kunjungan ke Uni Emirat (UEA).

Kunjungan ke UEA dilakukan guna mempererat kerjasama ekonomi bilateral kedua negara. Di UEA Presiden Jokowi bertemu Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan di Istana Al Shatie, Abu Dhabi.

Kedua pemimpin negara tersebut melakukan pertukaran dokumen MoU kerja sama di bidang perdagangan, perubahan iklim, kesehatan, maritim dan perikanan, pertahanan, pendidikan, dan pelabuhan.

Baca Juga: Misi Gila Jokowi!

Presiden Jokowi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Presiden Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan atas persahabatan antara Indonesia dan UEA yang terus meningkat di tengah situasi penuh tantangan sekarang ini.
 
Selain itu Presiden Jokowi juga melakukan pertemuan dengan investor dan pengusaha di Abu Dhabi, seperti Penasehat Keamanan Nasional UEA Sheikh Tahnoun Bin Zayed AL Nahyan, CEO Group G42 Ltd Peng Xiao, CEO Abu Dhabi Holding Mohamed Hassan Al Suwaidi, dan Executive Director Lulu Group Ashraf Ali.
 
 
Menurut Presiden Jokowi, Indonesia dan UEA bisa menjadi mitra yang saling menguntungkan. Indonesia sebagai pusat dari supply chains dengan kekayaan sumber daya alamnya berupa energi, pangan, dll. Sementara UEA bisa menjadi jendela Indonesia untuk transaksional barang-barang kita ke luar negeri.
 
Sementara itu, di sela-sela pertemuan antara kedua kepala negara, masing-masing menteri luar negeri juga melakukan pertemuan terpisah. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dan berdiskusi dengan Menlu UEA Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan. (AHU) ***
 

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X