• Kamis, 11 Agustus 2022

BPOM dan Pengusaha Indonesia Memulai Kerja Sama Bilateral dengan Kenya

- Senin, 20 Juni 2022 | 21:10 WIB
Kenya Business Forum (KBRI Nairobi)
Kenya Business Forum (KBRI Nairobi)

SILANEWS-Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM), Dr. Penny Lukito, pimpin delegasi yang terdiri dari pejabat BPOM dan perwakilan perusahaan BUMN dan swasta Indonesia untuk inisiasi kerja sama badan regulasi obat dan makanan antara Indonesia dan Kenya serta selenggarakan forum bisnis.

Alhamdulillah, pada kunjungan ini, saya berkesempatan bertemu dengan pejabat tinggi dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) Kenya serta Pharmacy and Poisons Board (PPB) untuk membahas berbagai usulan kerja sama regulasi sektor obat dan makanan,” jelasnya pada Sabtu (18/6).

Baca Juga: Jalan-jalan ke Jakarta Fair Kemayoran Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh. Kok Bisa?

Kepala BPOM lebih lanjut menerangkan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan awal di mana kedua belah pihak bersama-sama memetakan berbagai area kerja sama utama yang menjadi kepentingan kedua belah pihak, antara lain terkait capacity building, clinical trials, tech transfer, law enforcement, dan harmonizing of regulations.

Dalam kunjungan kali ini, BPOM RI, Kemkes Kenya, dan PPB menyepakati sejumlah tindak lanjut, antara lain untuk penyusunan rancangan Memorandum of Understanding (Memorandum Saling Pengertian, MSP) sebagai panduan kerja sama ke depan.

Duta Besar Indonesia untuk Kenya, Dr. Mohamad Hery Saripudin, sampaikan bahwa kunjungan ini merupakan follow-up dari kunjungan Menteri Luar Negeri Kenya, Y.M. Raychelle Omamo, ke Indonesia bulan Maret lalu dalam rangka secara resmi membuka Kedutaan Besar Kenya untuk Indonesia di Jakarta.

Baca Juga: Menata Masa Depan E-Commerce di Indonesia. Begini Kemungkinannya!

“Dalam kunjungan bulan Maret lalu, Kenya dan Indonesia menyepakati tujuh MSP di berbagai bidang. Saat ini, kita masih memiliki dua belas rancangan MSP yang masih dalam pipeline di luar MSP antara BPOM dengan mitra Kenya,” tambahnya.

Dalam kunjungan ini, Kepala BPOM RI juga berkesempatan untuk bertemu dengan pejabat tinggi dua badan PBB, yakni Direktur Eksekutif UN-Habitat dan Direktur serta peneliti di UNEP, untuk saling tukar pemikiran mengenai isu lingkungan dan sustainable production and consumption dalam proses penyusunan kebijakan dan regulasi untuk sektor obat dan makanan; serta penjajagan pengembangan kerja sama antara BPOM dengan kedua program/badan PBB tersebut di masa depan.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: KBRI Nairobi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X