• Senin, 4 Juli 2022

Dubes Fadjroel Rachman Resmikan Kejuaraan Pencak Silat Kazakhstan 2022

- Rabu, 18 Mei 2022 | 08:28 WIB
Peresmian Kejuaran Pencak Silat di Kazakhstan yang dibuka oleh Dubes Fadjroel Rachman (KBRI Kazakshtan)
Peresmian Kejuaran Pencak Silat di Kazakhstan yang dibuka oleh Dubes Fadjroel Rachman (KBRI Kazakshtan)

SILANEWS-Kejuaraan Pencak Silat Kazakhstan diadakan pada 13 – 15 Mei 2022 di Taras, Kazakhstan. Kejuaraan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pencak Silat Kazakhstan ini melibatkan semua klub Pencak Silat di Kazakhstan dan bersaing untuk menjadi pendekar Pencak Silat terbaik di Kazakhstan.

“Sebagai salah satu warisan budaya kami, Indonesia akan mendukung pengembangan pencak silat di Kazakhstan. Pencak Silat merupakan seni bela diri asal Indonesia yang telah diakui sebagai warisan takbenda oleh UNESCO” ujar Duta Besar Indonesia, H.E. Dr Mochamad Fadjroel Rachman dalam sambutannya.

Lebih lanjut Dubes Fadjroel menjelaskan bahwa di Pencak Silat kita tidak hanya belajar tentang teknik dan jurus Pencak Silat, tetapi juga belajar tentang filosofi dan budaya Pencak Silat.

Baca Juga: BPIP Segera Luncurkan Animasi Untuk Anak-Anak Mengenal Pancasila

Pencak Silat sendiri memiliki manfaat tidak hanya untuk pertahanan tetapi juga pengelolaan diri karena membutuhkan kedisiplinan, kepercayaan diri, toleransi, dan kebajikan.

Pencak Silat juga lebih dari olahraga yang akan meningkatkan kesehatan fisik orang yang berlatih tetapi juga aspek budaya karena gerakan dalam Pencak Silat harus mengikuti teknik tertentu.

Salah satu aspek filosofis utama Pencak Silat adalah untuk membela diri bukan untuk berkelahi atau memukul atau menyakiti orang lain. Melakukan Pencak Silat berarti tidak pernah mencari musuh tetapi mencari teman sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Dirjen IDP Kemlu Membuka Program BSBI. Ini Manfaatnya bagi Indonesia!

Seperti kata pepatah: satu musuh terlalu banyak, tetapi satu orang teman terlalu sedikit. Jadi, melalui Pencak Silat, orang Indonesia ingin memiliki teman sebanyak-banyaknya di Kazakhstan dan membangun hubungan timbal balik.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X