• Kamis, 11 Agustus 2022

Gali Peluang Pasar, KJRI Penang dan Penang Institute Teliti Keunggulan Komparatif Pasar Penang

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 07:41 WIB
Peserta Diseminasi Potensi Ekspor Komoditas Indonesia di Pasar Penang (KJRI Penang)
Peserta Diseminasi Potensi Ekspor Komoditas Indonesia di Pasar Penang (KJRI Penang)

SILANEWS - Gali Peluang Pasar Malaysia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia atau KJRI Penang bekerjasama dengan Penang Intitute teliti keunggulan komparatif untuk produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pilihan, tekstil dan alas kaki dari Indonesia untuk pasar Malaysia khususnya Penang.

Hal tersebut di atas terungkap dari acara Diseminasi Potensi Ekspor Komoditas Indonesia di Pasar Penang yang dilakukan KJRI Penang, Kamis (17/03/2022).

Acara yang dilaksanakan secara hibrid tersebut dihadiri Konjen RI Penang, Direktur Eksekutif Penang Institute, Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri, Wakil Ketua Umum KADIN untuk Hubungan Luar Negeri dan Pejabat Pemerintah Indonesia baik di pusat maupun daerah serta para pelaku usaha baik dari Penang maupun dari Indonesia.

Baca Juga: KJRI Penang Fasilitasi Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Indonesia-Malaysia Soal 'Produksi Kenaf'

Dalam sambutannya Konjen RI Penang Bambang Suharto menyampaikan bahwa melalui hasil penelitian bersama KJRI Penang dan Penang Institute yang dituangkan dalam buku berjudul ‘Selected Indonesia Products in Penang and Malaysia Market: a Comparative Advantage Analysis’, diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk menyusun kebijakan terkait dengan promosi ekspor Indonesia.

Diharapkan pula para eksportir Indonesia dapat menyusun strategi yang tepat untuk memasuki pasar Malaysia, khususnya Penang. Sehingga nantinya dapat menciptakan kerja sama perdagangan Indonesia-Penang dan Malaysia secara lebih luas dan saling menguntungkan.

Sejalan dengan yang disampaikan Konjen RI Penang, Direktur Asia Tenggara Kemlu RI, Mirza Nurhidayat  sampaikan penghargaan atas inisiatif penelitian yang dilakukan KJRI Penang dan diseminasi tentang potensi serta peluang ekspor Indonesia ke pasar Penang, Malaysia.

Baca Juga: Konjen RI di Penang dan Konsul RI di Songkhla Terima Penghargaan Hassan Wirajuda Pelindungan Award

Menurut Mirza, Kemlu siap mendukung setiap langkah diplomasi ekonomi terutama yang ditujukan bagi pemulihan ekonomi akibat pandemi. Lebih jauh disebutkan Penang menawarkan peluang ekspor yang sekaligus menantang para eksportir Indonesia untuk memanfaatkan peluang itu dengan baik.  

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X