• Senin, 4 Juli 2022

Indonesia Dorong Pengelolaan Danau Berkelanjutan Pada Pertemuan Lingkungan PBB

- Selasa, 1 Maret 2022 | 16:26 WIB
DR.Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KBRI Nairobi)
DR.Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KBRI Nairobi)

SILANEWS-“Kami mengajak negara anggota dan organisasi internasional untuk bersama-sama mengelola danau secara berkelanjutan,” seru Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Siti Nurbaya, melalui rekaman pernyataan yang disampaikan pada pertemuan lingkungan PBB, United Nations Environment Assembly (UNEA) 5.2, Senin (28/2), seperti dilansir dari siaran pers KBRI Nairobi.

Lebih lanjut, Menteri Siti juga tekankan pentingnya tindakan kolektif dan kemitraan global untuk atasi tantangan lingkungan global. 

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Laksmi Dhewanthi, selaku Ketua Delegasi Indonesia yang hadir secara langsung pada pertemuan di Nairobi tegaskan kesiapan Indonesia mendukung upaya pencapaian sasaran Sustainable Development Goals (SDGs) butir 6.6 untuk menjaga ekosistem air, termasuk danau.

Baca Juga: Ada Apa Kapolda Metro Jaya Patroli Malam?

“Sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak sekali danau, Indonesia berkepentingan untuk mendorong pemanfaatan danau dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama,” jelas Dirjen Laksmi.

“Dengan pengalaman dan kapasitas dalam isu pengelolaan danau, Indonesia siap mengambil posisi leading dalam isu ini,” tambahnya.

 Selain dorongan pengelolaan danau, Dirjen Laksmi, yang juga merupakan Wakil Presiden UNEA 5, menyampaikan progress tindak lanjut resolusi UNEA tentang Protection of the Marine Environment from Land-Based Activities dan tentang Sustainable Management for Global Health of Mangrove.

Baca Juga: Duta Besar RI untuk PBB Serukan Semua Pihak Beri Bantuan Kemanusiaan di Ukraina

“Indonesia terus memperkuat komitmennya dan melaksanakan kebijakan dan program terkait pesisir dan laut yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Halaman:

Editor: Amril Taufik Gobel

Sumber: KBRI Nairobi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X