• Minggu, 4 Desember 2022

Herve Renard, Sosok Dibalik Kemenangan Arab Saudi atas Atas Argentina

- Rabu, 23 November 2022 | 10:20 WIB
Herve Renard pelatih sepakbola timnas Arab Saudi (B/R Football)
Herve Renard pelatih sepakbola timnas Arab Saudi (B/R Football)
SILANEWS -Kemenangan 2-1 yang diraih timnas Arab Saudi atas Argentina pada pertandingan pertama Groupo C Piala Dunia FIFA 2022, Selasa (22/11/2022) mengejutkan banyak pihak. Tidak ada yang menduga kesuksesan yang diraih Arab Saudi.
 
Tidak banyak yang mengetahui bahwa kesuksesan Arab Saudi tidak terlepas dari peran pelatih  Hervé Renard.
 
Herve yang pernah bekerja sebagai petugas kebersihan, memulai karirnya sejak berusia 15 tahun sebagai pemain bola. 
 
 
Herve mencoba menjadi pemain klub Cannes, dengan harapan bisa menjadi pemain bola profesional. Namun setelah ia bertemu pemain yang lebih top, ia pun merrasa tidak cocok jadi pemain bola.
 
Menyadari dirinya sebagai "pemain biasa kelas level 3", Herve akhirnya memutuskan menjalani bisnis jasa tentang kebersihan. Tugasnya mengumpulkan sampah pada tengah malam
 
"Saya sering ingat momen di tahun-tahun itu, bangun jam 3 pagi untuk membersihkan sebuah bangunan," ujar Herve.
 
 
Meskipun demikian Herve belum melupakan cita-citanya di bidang sepakbola. Dia kemudian mencoba peruntungan sebagai pelatih tim amatir. Herve mendapat kesempatan sebagai asisten pelatih oleh temannya, Claude Le Roy
Claude Le Roy dan Herve Renard saat itu bersama menukangi klub asal China Shanghai Cosco selama setahun (2002-2003), sebelum kemudian memutuskan pindah ke Cambridge United!
 
Setelah bertahun-tahun bekerja bersama. Claude de Roy dan Herve Renard berpisah dengan jalan karir masing-masing
 
Pada tahun 2004, Herve melatih klub asal Vietnam. Klub itu bernama Nam Dinh FC selama setahun sebelum akhirnya pulang ke Perancis menukangi Klub AS Cherbourg selama 3 tahun.
 
2 Tahun kemudian, Herve Renard berhasil membawa Zambia menjadi Juara AFCON untu pertama kalinya sepanjang sejarah setelah mengalahkan Pantai Gading lewat drama babak adu Penalty dengan skor 8-7.
 
Pada Tahun 2013, Herve Renard harus diputus kontraknya oleh Federasi Gambia. Ini terjadi karena ada perseteruan antara Herve dan Federasi Gambia.
  
Blunder Besar dilakukan Zambia, Herve Renard mendapatkan kesempatan untuk melatih Pantai Gading pada tahun 2014. Herve mengantarkan Pantai Gading menjuarai AFCON pada 2015. Herve menjadi pelatih pertama yang mampu menjuarai AFCON dengan 2 Timnas berbeda
 
Setelah kegagalannya di Lille, ia kembali untuk melatih Timnas. Yak Timnas itu adalah, Maroko. Herve berhasil membawa Maroko ke Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah 20 thn. Perjalanan Maroko di Pildun 2018 tidak begitu baik, dari 3 pertandingan hanya dapat memetik 1 point.
 
Perjalanan Herve bersama Maroko bisa dibilang kurang mulus. Setelah kegagalannya di Piala Dunia 2018 & AFCON 2019 bersama Maroko. Herve memutuskan untuk Mundur dari kursi kepelatihan Timnas Maroko.
 
 
Satu tahun kemudian, Ia dipercayakan sebagai Pelatih Baru Arab Saudi. Sejak era kepelatihan Herve, Arab Saudi berhasil menaikkan peringkat FIFA dari 70 ke 51. Herve juga berhasil membawa Arab Saudi memuncaki Grup Kualifikasi Piala Dunia! Kelas
 
Federasi Arab Saudi pun memperpanjang Kontrak Herve Renard hingga 2027. Hari ini Herve Renard berhasil membawa Timnas Arab Saudi mengalahkan Timnas Argentina dengan Skor 2-1.
 
Perjalanan 23 tahun karir sebagai pelatih, Hari ini Hervé Renard membuat publik sepakbola kaget. Berhasil mengalahkan Argentina, 2-1. Ini membuktikkan bahwa Herve adalah pelatih yang jenius dan  membuktikan bahwa Timnas di Afrika & Asia bisa bersaing di Piala Dunia. (AHU) ***
 
 
 
 

 

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jasa Besar Tjahjo Kumolo Bagi Muhammadiyah

Sabtu, 2 Juli 2022 | 07:54 WIB
X