• Rabu, 5 Oktober 2022

105 Tahun Balai Pustaka Semangat Transformasi Meraih Harapan

- Kamis, 22 September 2022 | 12:31 WIB
Pantun dari Kepala Balai Pustaka
Pantun dari Kepala Balai Pustaka

SILANEWS - "Hari ini tanggal 22 September 2022 adalah Hari Jadi Balai Pustaka yang ke-105", tulis Kepala Balai Pustaka Achmad Fachrodji dalam pesan yang diterima Redaksi Silanews,(22/09/2022).

Mungkin generasi muda sekarang tidak banyak yang mengetahui keberadaan Balai Pustaka. Bukan karena rendahnya literasi, tetapi di era digital sekarang ini, keberadaan Balai Pustaka yang identik dengan penerbitan buku-buku sastra untuk sekolah, kalah pamor dengan produk literasi digital. 

Padahal Balai Pustaka sejak kelahirannya telah menjadi rumah besar bagi para Sastrawan dan para pejuang bangsa, tulis Facrodji. 

Ditambahkan oleh Fachrodji bahwa dari rahim Balai Pustaka terlahir karya sastra fenomenal seperti Sitti Nurbaya, Salah Asoehan. Layar Terkembang, Sengsara Membawa Nikmat dan karya besar lainnya.

"Balai Pustaka kini telah tumbuh dan berkembang menjadi industri kreatif berbasis pengembangan Intelectual Property yang dimilikinya," ujar Fachrodji.

"Sebagai IP Licensing Company, Balai Pustaka telah mengembangkan berbagai produk, seperti Pustaka Digital (EduBP), Audio Book, e.Book, Film Layar Lebar, Film Animasi, Sinetron, NFT, Webtoon dan Pengembangan Karakter berbasis IP," paparnya 

"Balai Pustaka juga dipercaya membuat video promosi, video korporasi dan content creative lain dari korporasi swasta, BUMN, Kementerian dan Lembaga," tambah Fachrodji.

"Untuk Produk Pustaka Digital (EduBP) telah dikukuhkan menjadi salah satu produk terbaik BUMN dan telah dipasang di berbagai lokasi yang tidak terkoneksi internet di berbagai wilayah bekerja sama dengan segenap BUMN, Anak Usaha BUMN, Perpustakaan Nasional dan Swasta."

*Menteri BUMN bersama Dirut Holding Danareksa selalu mendorong dan memberikan dukungan penuh kepada Balai Pustaka agar semakin berkembang sebagai IP Licensing Company.*

Dengan tagline *Semangat Transformasi Meraih Harapan* berharap insan Balai Pustaka akan semakin kreatif dalam menjemput masa depan dalam pembinaan induk Holding Danareksa. Izin share pantunnya.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X