• Minggu, 4 Desember 2022

Sosok KH Wahab Chasbullah Akan Difilmkan, Jenderal Dudung Abdurachman Berperan Sebagai Jenderal Urip Sumoharjo

- Jumat, 22 Juli 2022 | 16:06 WIB
KH. Wahab Chasbullah. (Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur)
KH. Wahab Chasbullah. (Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur)

SILANEWS - Dari 9 tokoh pendiri organisasi Nahdlatul Ulama, satu diantaranya yaitu KH Abdul Wahab Chasbullah. Ia dikenal sebagai pemikir NU dan pahlawan nasional.

NU berdiri pada 31 Januari 1926 M atau 16 Rajab 1344 H di Surabaya, Jawa Timur. NU adalah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, keagamaan, ekonomi serta sosial.

Mbah Wahab mendapatkan gelar sebagai Rais Aam PBNU, dan pernah menjabat sebagai pengasuh pesantren Bahrul Ulum Tambakberas di Jombang.

Baca Juga: Tangkal Hoaks dan Salah Paham, Jajaran 5 lembaga NU Ikuti Program Literasi Digital

Jejak panjang perjuangan Mbah Wahab itu menginspirasi Pondok Pesantren Tambakberas Jombang - Jawa Timur untuk memproduksi sebuah film layar lebar, berjudul 'KH Wahab Chasbullah Sang Penggerak NU'.

Film ini bakal dirilis sebagai bagian dari agenda menyambut usia satu abad NU. Pembuatan film yang menceritakan tentang sosok pendiri Nahdlatul Ulama ini disambut baik.

Seluruh proses pembuatan Film KH Wahab Chasbullah ini akan didukung dan dibantu oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Baca Juga: Duta Besar RI untuk Republik Kazakhstan dan Tajikistan, Dr. M. Fadjroel Rachman Meresmikan PPI Kazakhstan

Rencana pembuatan film tersebut telah dibicarakan putra KH Wahab Chasbullah, yaitu Ketua PBNU KH Moh Hasib Wahab, bersama Jenderal Dudung Abdurachman, di Kantor KASAD, Jakarta, pada Rabu (20/7/2022). 

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPIP Gelar Workshop Festival Film Manado 2022

Rabu, 20 April 2022 | 05:31 WIB
X