• Minggu, 4 Desember 2022

Ini Dia Masjid dan Langgar Legendaris di Kawasan Kauman Kota Solo

- Minggu, 12 Juni 2022 | 06:54 WIB
Fasilitas peribadatan di kawqasan Kauman Solo (Pemkot Solo)
Fasilitas peribadatan di kawqasan Kauman Solo (Pemkot Solo)

SILANEWS - Berkunjung ke Kota Solo tanpa singgah di tempat-tempat ibadah umat Islam yang masih dipergunakan hingga sekarang rasanya kurang lengkap.

Di Kota Solo ini terdapat tempat-tempat ibadah yang melegenda dan beberapa diantaranya telah ditetapkan sebagai cagar budaya, salah satunya yang berada di Kawasan Kauman.

Kauman, disebut pula Pekauman/Pakauman, berasal dari kata ‘kaum imam’. Kawasan tersebut dihuni warga muslim. Secara tata kota, Kauman terletak di sebelah barat alun-alun, dan zaman dulu ditandai dengan adanya masjid.

Baca Juga: Gelar Piala Presiden 2022, PSSI Adakan Tumpengan

Di tempat ini bisa dijumpai Masjid Sememen, Langgar Trayeman, dan Langgar Winongan. Selain merasakan nuansa perribadatan masa lalu, pengunjung dapat menjelajah bangunan-bangunan ini sembari mengenang sejarah masa lampau.

Pertama, adalah Masjid Sememen. Masjid ini merupakan pemberian atau wakaf dari Khatib bernama Sememi, di tahun 1890 Masehi.

Semula Sememen sebuah langgar (musala). Seiring perubahan sistem kepengurusan dan peruntukannya (digunakan untuk salat Jumat), namanya menjadi Masjid Sememen.

Baca Juga: Pemkot Surakarta 'Unjuk Gigi' di Paris. Begini Hasilnya!

Pembangunannya dilakukan pada 1311, dengan mengedepankan arsitektur Indies, atau Belanda. Hal yang menarik, yaitu menara azan menyerupai Panggung Sanggabuwana.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Desa Wisata dan Kampung Edukasi di Yogyakarta

Kamis, 15 September 2022 | 07:00 WIB

Raja Ampat, Surga Terakhir di Bumi. Ini Alasannya!

Sabtu, 10 September 2022 | 18:23 WIB

Menikmati Lesehan dan Kebersamaan di Yogyakarta

Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:23 WIB
X