• Kamis, 19 Mei 2022

Bekasi Punya Cerita Tukang Anak Ikan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 06:42 WIB
Tukang anak ikan keliling di Bekasi (Bang Ilok)
Tukang anak ikan keliling di Bekasi (Bang Ilok)

SILANEWS - Banyak yang tidak paham bahwa sebagian masyarakat asli Bekasi sebenarnya berasal dari etnik Betawi. Karenanya tidak mengherankan apabila masyarakat Bekasi memiliki budaya Betawi dan cerita-cerita pun menggunakan dialek Betawi. 

Salah satu anggota masyarakat Bekasi yang kerap mengenalkan budaya Bekasi adalah Sarin Sarmadi atau biasa dipanggil Bang Ilok, Ketua Yayasan Kebudayaan Orang Bekasi atau Koasi. 
 
Di internet, berkat bantuan Google kita bisa mendapatkan informasi mengenai salah satu buku karya Bang Ilok berjudul 'Betawi Punya Cerita'. Buku terbitan November 2021 yang dijual dalam bentuk digital ini ini berisi cerita tentang gambaran masa lalu, bercerita tentang anak-anak di masa itu yang masih hidup di alamnya belum ada gadget, medsos tetapi mereka sangat menikmati dunianya. 

Baca Juga: Jatuh Sakit, Kondisi 'Komedian' Tukul Arwana Saat Ini Cukup Memprihatinkan!

Selain membagi tulisannya secara digital di internet, Bang Ilok juga kerap membagikan tulisannya di whatsapp group. salah satunya adalah cerita tentang "Tukang Anak Ikan". Berikut ceritanya:

Dulu masing jamannya baba masing suka miara ikan di Sawah, kalenan atawa balongan dan ngempang entuh sering ada tukang anak ikan mas nyeng dipikul pake ngider lewat di depan rumah kita, entuh ikan di taro di celebuk

Biasanya entuh tukang ikan asalnya dari Sukabumi pada ngider jualan di kampung kita, dari sono biasanya di didrop pake mobil bak terus mereka pada ngider muterin kampung bari mikul daganganya, ada juga nyeng nginep di tempat saban ari mereka ngopi ama nyarap.

Baca Juga: Inisiasi Pengajuan Geopark Bone Menuju Global Geopark

Resep beud dah kalo dengerin entuh tukang ikan ngitung ikanya pas ada nyeng lagi beli, bari ngelemparin ikan ke ngempang entuh mulutnya kaga berenti ngitung bari di canyiin pake gaya basa sunda.

Tukang ikan nyeng jadi langganan bisa jadi kaya sodara, maklum nyeng namanya orang dulu kalo udah percaya ama orang mereka udah kaya sedara, makan ama ngopi nyeng biasanya mereka pada beli, entuh orang kampung saking udah akrabnya pada nawarin makan apalagi ngopi mah.

Lah tukang ikan ge begitu kalo entuh langganan nya lagi sokanan mampir kerumahnya nyeng di kampung gantian dah pada ngejamu tamu nyeng dia udah kenal dan bae pas dia lagi ngider jualan.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X