• Minggu, 4 Desember 2022

Pemimpin APEC Berkomitmen Perkuat Kerja Sama Ekonomi Untuk Dukung Agenda Lingkungan dan Proyek Hijau

- Kamis, 24 November 2022 | 05:21 WIB
Presiden Joko Widodo pada Forum KTT APEC 2022 yang digelar di Bangkok, Thailand (SultraNetwork.com/kemenkeu.go.id)
Presiden Joko Widodo pada Forum KTT APEC 2022 yang digelar di Bangkok, Thailand (SultraNetwork.com/kemenkeu.go.id)

SILANEWS - Menyikapi semakin menipisnya cadangan energi fosil, perubahan iklim ekstrim, perubahan ekonomi global, juga dampak panjang perang Rusia-Ukraina yang belum dapat diprediksi kapan berakhir, semua aktivitas ekonomi negara-negara di dunia, khususnya negara maju, mulai dipaksa untuk mengikuti agenda lingkungan dan proyek hijau.

Hal itu teraktualisasi pada ASEAN Economic Leaders Meeting (AELM) atau pertemuan para pemimpin ekonomi APEC yang dibuka oleh Perdana Menteri Thailand, Y.M. Prayut Chan-o-cha sebagai Ketua APEC tahun 2022, dan berlangsung di Queen ​Sirikit National Convention Centre (QSNCC) Bangkok pada 18 — 19 November 2022.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Perkuat Kerja Sama Konkret APEC

AELM dihadiri oleh para pemimpin Ekonomi APEC termasuk Presiden RI Joko Widodo yang hadir pada rangkaian pertemuan APEC tanggal 18 November 2022. Pada 19 November 2022, Presiden RI diwakili oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Pertemuan tersebut membahas berbagai upaya dan terobosan yang perlu dilakukan APEC untuk mempromosikan perdagangan dan investasi yang berkelanjutan di tengah tantangan ekonomi yang sedang berlangsung dengan para mitra dagang.

Salah satu capaian penting dari AELM adalah disepakatinya ‘2022 APEC Economic Leaders Declaration’ dan Bangkok Goals for the ‘Bio-Circular-Green (BCG) Economy’.

Baca Juga: Berfose Bungkam Mulut, Jerman Akhirnya Benar-benar Dibungkam Jepang 1-2

Bangkok Goals for BCG Economy berisi komitmen-komitmen APEC untuk terus memperkuat kerja sama pada bidang ekonomi yang dapat berkontribusi positif terhadap agenda lingkungan dan proyek hijau.

Thailand menyampaikan bahwa dokumen tersebut dapat memandu kerja keberlanjutan APEC ke depan, termasuk mitigasi perubahan iklim, perdagangan dan investasi berkelanjutan, konservasi lingkungan dan pengelolaan limbah untuk  generasi mendatang.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres KH Maruf Amin Kunjungi Abu Dhabi

Rabu, 2 November 2022 | 23:54 WIB

Wapres KH Ma’ruf Amin Serukan Jihad Ekonomi

Selasa, 23 Agustus 2022 | 23:58 WIB

Jalan Soekarno-Hatta Bandung

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:11 WIB
X