Imbas Harga Pupuk Mahal, Penduduk dan Kuil Terkaya India Bertani Organik

- Sabtu, 5 November 2022 | 07:46 WIB
Tidak mampu membayar utang pada rentenir menjadi pemicu utama bunuh diri di kalangan petani India.
Tidak mampu membayar utang pada rentenir menjadi pemicu utama bunuh diri di kalangan petani India.

SILANEWS - Tiga tahun lalu, Venkat Shobha Rani berhenti dari pekerjaannya sebagai guru sekolah dasar untuk membantu suaminya merawat pertanian mereka seluas 1,2 hektare.

Shobha Rani yang tinggal di sebuah desa di distrik Kadapa, 450 km selatan Hyderabad, merupakan salah seorang penduduk pedesaan di negara bagian Andhra Pradesh, India selatan yang pindah pekerjaan ke pertanian organik.

Pertanian organik merupakan bagian dari program pertanian alami yang dimulai pada 2015. Program ini dikelola oleh masyarakat, sebagai alternatif bagi petani yang terbebani dengan melonjaknya harga pupuk dan bahan kimia yang berdampak pada krisis pertanian.

Baca Juga: Roket India Tempatkan 36 Satelit Internet ke Orbit untuk Perusahaan Satelit Inggris Berbasis di ‘OneWeb’

Proyek untuk membantu petani menjadi organik dipandang sebagai eksperimen penting, dan negara bagian lain mengawasinya dengan cermat.

Program tersebut menyebar ke seluruh negara bagian, dengan bertujuan untuk mendaftarkan satu juta petani tahun ini untuk mempraktikkan pertanian organik sebagian atau seluruhnya.

Pada pertengahan Agustus, Shobha mendaftar ke agen negara untuk memasok buncis ke kuil Tirumala Tirupati Devasthanam, yang didedikasikan untuk dewa favoritnya, Dewa Venkateswara, juga dikenal sebagai Wisnu.

Baca Juga: Polusi Sungai Krishna di Uttar Pradesh India, Bunuh Orang-Orang Desa

Tirumala Tirupati Devasthanam (TTD), salah satu kuil terkaya di negara ini, membutuhkan pasokan tepung buncis untuk ‘laddusnya’, manisan bundar yang diproduksi di dapur kuil yang besar.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres KH Maruf Amin Kunjungi Abu Dhabi

Rabu, 2 November 2022 | 23:54 WIB

Wapres KH Ma’ruf Amin Serukan Jihad Ekonomi

Selasa, 23 Agustus 2022 | 23:58 WIB
X