Wapres Harapkan Indonesia-Singapura Tingkatkan Kemitraan Bidang Ekonomi Syariah, Produk, dan Pariwisata Halal

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 22:54 WIB
Sejalan dengan Wapres, Wakil PM Singapura Lawrence Wong menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang selama ini terjalin dengan baik antara Indonesia dan Singapura.
Sejalan dengan Wapres, Wakil PM Singapura Lawrence Wong menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang selama ini terjalin dengan baik antara Indonesia dan Singapura.

SILANEWS - Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Dari sekitar 1,9 milyar umat muslim di seluruh dunia pada 2022, Indonesia menempati urutan pertama terbanyak yaitu 231 juta jiwa.

Negara lain yang jumlah muslimnya banyak, yaitu Pakistan (200,4 juta), Bangladesh (153,7 juta), Mesir (80 juta), dan Turki (74 juta).

Indonesia, dengan besarnya jumlah umat Islam tersebut, sangat potensial untuk mengembangan ekonomi syariah, produk halal, dan pariwisata halal. Untuk pengembangan lebih besar dan kuat, Pemerintah Indonesia melakukan kerja sama dengan Singapura.

Baca Juga: Dialog Wapres - Diaspora Indonesia di Singapura Tekankan Kerukunan Untuk Rawat Keberagaman

Singapura dikenal sebagai salah satu partner strategis Indonesia khususnya dalam bidang investasi. Sejauh ini Singapura masih tercatat sebagai negara dengan realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) terbesar di Indonesia.

Oleh sebab itu, menurut Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin kedua negara memiliki banyak peluang kerja sama, seperti pengembangan ekonomi syariah.

“Sektor ini punya potensi besar untuk memperkuat ekonomi kedua negara. Ekonomi syariah juga mampu membantu memulihkan ekonomi di tengah ancaman resesi,” ungkap Wapres saat bertemu Wakil Perdana Menteri (PM) Singapura Lawrence Wong di Parliament of Singapore, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: Sarung - Kemeja Putih - Peci Hitam Jadi Seragam Upacara Hari Santri 22 Oktober 2022

Potensi ekonomi ini, lanjut Wapres, diharapkan menjadi salah satu yang dapat dikembangkan bersama oleh kedua negara. Salah satunya melalui kerja sama pengembangan produk halal.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres KH Maruf Amin Kunjungi Abu Dhabi

Rabu, 2 November 2022 | 23:54 WIB

Wapres KH Ma’ruf Amin Serukan Jihad Ekonomi

Selasa, 23 Agustus 2022 | 23:58 WIB
X